ARMANSYAH , - (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2446Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1197Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD matematika berbasis PjBL pada materi kubus dan balok yang layak, praktis, dan efektif untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah Peserta Didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung, Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian Ahli materi memperoleh nilai validasi sebesar 92,31 % termasuk kategori sangat valid, penilaian ahli media memperoleh nilai validasi sebesar 96,42 % termasuk kategori sangat valid, penilaian ahli bahasa memperoleh nilai validasi sebesar 86,53 % termasuk kategori sangat valid, uji praktikalitas oleh pendidik memperoleh nilai sebesar 95,4 % termasuk kategori sangat praktis, dan uji praktikalitas oleh Peserta didik memperoleh nilai sebesar 94,0 % termasuk kategori sangat praktis, perolehan nilai N-Gain sebesar 0,7164 termasuk kategori tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji paired t-test diperoleh nilai sig = 0,00 atau P < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD matematika berbasis PjBL layak dan praktis utuk digunakan serta efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, PjBL, Kemampuan Pemecahan Masalah This research aims to develop mathematics worksheets (LKPD) based on Project Based Learning (PjBL) on the topics of cubes and rectangular prisms that are suitable, practical, and effective for measuring the problem solving abilities of 5 th grade students in elementary school. This research is a type of Research and Development (R&D) study, with development referring to the Borg & Gall theory. The population in this study consists of students from the 5 th grade at SDN 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung, and the sample was determined using simple random sampling techniques. Data collection tools utilized tests and questionnaires. The results of the study indicate that the assessment by material experts received a validation score of 92.31%, categorized as very valid, the assessment by media experts received a validation score of 96.42%, also categorized as very valid, the assessment by language experts received a validation score of 86.53%, categorized as very valid, the practicality test conducted by educators achieved a score of 95.4%, categorized as very practical, and the practicality test conducted by students achieved a score of 94.0%, also categorized as very practical. The N-Gain score obtained was 0.7164, categorized as high. Data analysis techniques used a paired t-test, yielding a significance value of sig = 0.00 or P < 0.05, thus H0 is rejected and H1 is accepted.Based on the research conducted, it can be concluded that the mathematics worksheets (LKPD) based on PjBL are suitable and practical for use in learning, as well as effective in improving the problem-solving abilities of 5 th grade elementary school students. Keywords: Student Worksheets, PjBL, Problem Solving Ability
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD) |
Pengguna Deposit: | 2506124081 Digilib |
Date Deposited: | 21 Jun 2025 08:34 |
Terakhir diubah: | 21 Jun 2025 08:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89310 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |