PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

LIFTIA , AULY ERIZKA PUTRI (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (292Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3746Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1769Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Three Tier Diagnostic Test yang valid, reliabel, dan praktis untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi gelombang bunyi. Desain pengembangan dilaksanakan menggunakan metode Research and Development dengan 6 langkah pengembangan mengadaptasi dari Borg & Gall (1983) yang meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, dan uji coba lapangan. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen dan satu guru untuk menilai aspek konstruk, materi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen penilaian sebesar 85,5% dengan kategori sangat valid sehingga layak digunakan. Instrumen Three Tier Diagnostic Test untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi gelombang bunyi diujicobakan kepada 20 peserta didik dan dianalisis menggunakan Rasch Model dengan berbantuan software Ministep 5.9.2. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh sebanyak 15 butir soal instrumen Three Tier Diagnostic Test dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai person reliability sebesar 0,84 dengan kategori bagus, alpha Cronbach sebesar 0,86 dengan kategori bagus sekali, dan item reliability sebesar 0,78 dengan kategori cukup. Uji kepraktisan instrumen Three Tier Diagnostic Test pada materi gelombang bunyi mendapatkan rata-rata keseluruhan persentase sebesar 92,7% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis miskonsepsi tertinggi terjadi pada subkonsep gelombang bunyi pada dawai 52,5% dengan kategori sedang dan miskonsepsi terendah pada subkonsep efek doppler 30% dengan kategori sedang. Produk akhir instrumen Three Tier Diagnostic Test untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi gelombang bunyi yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid, reliabel, dan praktis. Kata kunci: Gelombang Bunyi, Instrumen Three Tier Diagnostic Test, Miskonsepsi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2506437723 Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:31
Terakhir diubah: 23 Jun 2025 03:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89387

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir