RIA WIDYA , SANDI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, TEMAN SEBAYA, DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Mb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (9Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (9Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemajuan teknologi dan media sosial saat ini telah membawa dampak besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pola konsumsi generasi muda. Media sosial sering kali menjadi sarana utama dalam menyampaikan informasi yang dapat memengaruhi perilaku konsumtif siswa, baik secara positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis 1) Pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedong Tataan, 2) Pengaruh teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedong Tataan, 3) Pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedong Tataan, serta 4) Pengaruh secara simultan antara penggunaan media sosial, teman sebaya, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Populasi dalam penelitian terdiri dari 352 siswa, dengan sampel sebanyak 187 siswa yang diambil menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan uji F dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2023/2024, (2) Ada pengaruh teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2023/2024, (3) Ada pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2023/2024, (4) Ada pengaruh media sosial, teman sebaya, dan literasi ekonomi secara simultan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2023/2024. Kata Kunci: Media sosial, teman sebaya, literasi ekonomi, perilaku konsumtif Advances in technology and social media significantly impact various life aspects, including the consumption patterns of youth. Social media serves as a key platform influencing students' consumer behavior positively and negatively. This study examines 1) The influence of social media use on the consumptive behavior of Grade X students at SMA Negeri 1 Gedong Tataan, 2) The influence of peers on the consumptive behavior of Grade X students at SMA Negeri 1 Gedong Tataan, 3) The influence of economic literacy on the consumptive behavior of Grade X students at SMA Negeri 1 Gedong Tataan, and 4) The simultaneous influence of social media use, peers, and economic literacy on the consumptive behavior of Grade X students at SMA Negeri 1 Gedong Tataan. The method used is descriptive- verificative research with an ex post facto and survey approach. The population of the study consists of 352 students, with a sample of 187 students selected using probability sampling techniques through the simple random sampling method. Data were collected through questionnaires, and hypothesis testing was conducted using t-tests and F-tests with the help of the SPSS program. The analysis results show that (1) There is an influence of social media use on the consumptive behavior of Grade X students at SMA Negeri 1 Gedong Tataan for the 2023/2024 academic year, (2) There is an influence of peers on the consumptive behavior of Grade X students at SMA Negeri 1 Gedong Tataan for the 2023/2024 academic year, (3) There is an influence of economic literacy on the consumptive behavior of Grade X students at SMA Negeri 1 Gedong Tataan for the 2023/2024 academic year, (4) There is a simultaneous influence of social media, peers, and economic literacy on the consumptive behavior of Grade X students at SMA Negeri 1 Gedong Tataan for the 2023/2024 academic year. Keywords: Social media, peers, economic literacy, consumptive behavior
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | 2506716981 Digilib |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 12:35 |
Terakhir diubah: | 23 Jun 2025 12:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89468 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |