0743023027, Isnawati (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK ASAM-BASA ARRHENIUS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA SIMBOLIK DAN PEMODELAN MATEMATIK SISWA SMA. UNSPECIFIED.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. PERNYATAAN.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. COVER DALAM.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. MOTTO.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (215Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran problem solving pada materi pokok asam-basa Arrahenius dalam meningkatkan keterampilan berbahasa simbolik dan pemodelan matematik siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Natar semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 3 sebagai sampel, dengan pertimbangan kedua kelas tersebut memiliki karakteristik yang hampir sama. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran problem solving diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan berbahasa simbolik untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,01 dan 0,31; dan rata-rata n-Gain keterampilan pemodelan matematik untuk kelas kontrol dan eksperimen masing- masing 0,22 dan 0,34. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran problem solving memiliki keterampilan berbahasa simbolik dan pemodelan matematik yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembel- ajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa simbolik dan pemodelan matematik siswa. Kata kunci: pembelajaran problem solving, keterampilan berbahasa simbolik, keterampilan pemodelan matematik.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 01:59 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 07:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8950 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |