PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI

INDAH, MEILANI (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1643Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1501Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat anak yang belum bisa memahami tentang bentuk dari bangun geometri dan membedakan bentuk geometri persegi dengan persegi panjang, segitiga dan layang-layang pada anak usia 4-5 tahun di TK Kelurahan Kresnowidodo Kecamatan Tegineneng. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality pada anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest two control group design. Populasi penelitian berjumlah 80 anak kelas A usia 4-5 tahun sehingga sampel penelitian ini 50 anak dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan uji non parametrik Mann Whitney U. Hasil penelitian didapatkan bahwa H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Kata kunci: bentuk geometri, augmented reality, anak usia dini

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pengguna Deposit: 2506312343 Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:15
Terakhir diubah: 25 Jun 2025 03:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89563

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir