PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAHDASAR

NI WAYAN , LINDA MAHARANI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAHDASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (227Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2188Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1829Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment design) dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo dengan jumlah 40 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non-tes, sementara analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2024/2025 dan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantuan video animasi dengan peserta didik yang menggunakan model inquiry based learning berbantuan media visual di kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2024/2025. Kata kunci : matematika, problem based learning, pemecahan masalah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2506747567 Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:18
Terakhir diubah: 25 Jun 2025 03:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89564

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir