RAHMANI , DIAH PERMATA SARI (2025) PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME PADA REMAJA MELALUI KEGIATAN PENCAK SILAT TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (20).pdf Download (16Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL (35).pdf Restricted to Hanya staf Download (2877Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN (22).pdf Download (2021Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penanaman nilai-nilai nasionalisme pada remaja melalui kegiatan pencak silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Dalam konteks globalisasi yang semakin kompleks, upaya menanamkan nasionalisme menjadi hal yang mendesak, terutama bagi generasi muda. Tapak Suci, sebagai salah satu perguruan seni bela diri berbasis keagamaan, memadukan latihan fisik, pengembangan karakter, dan nilai-nilai kebangsaan dalam setiap kegiatannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi pada pengurus, pelatih, dan anggota Tapak Suci di salah satu cabang di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan rutin seperti latihan bela diri, ceramah keagamaan, dan diskusi kebangsaan berkontribusi signifikan dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme, seperti cinta tanah air, disiplin, tanggung jawab, dan solidaritas sosial. Selain itu, pendekatan personal pelatih terhadap peserta didik mampu memperkuat pemahaman mereka akan pentingnya menjaga persatuan dan kebhinekaan. Dengan demikian, pencak silat tidak hanya menjadi media pelatihan fisik tetapi juga wahana pembentukan karakter nasionalis pada remaja. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan program serupa di berbagai perguruan bela diri lain untuk mendukung pembentukan generasi muda yang tangguh, berkarakter, dan cinta tanah air. Kata Kunci : Nasionalisme, Remaja, Tapak Suci
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 2506169209 Digilib |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 03:42 |
Terakhir diubah: | 25 Jun 2025 03:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89581 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |