CITRA DIRI REMAJA HEAVY USER DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PADA KOMUNIKASI DI INSTAGRAM (Studi pada Mahasiswa Pengguna Instagram)

DAVINA, SYAFA KAMILA (2025) CITRA DIRI REMAJA HEAVY USER DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PADA KOMUNIKASI DI INSTAGRAM (Studi pada Mahasiswa Pengguna Instagram). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3151Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (883Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Remaja kelahiran 1997-2012 (Gen-Z) menjadi pengguna terbesar Internet di Indonesia yakni sebanyak 34,40% dari total pengguna. Instagram menjadi media sosial dengan pengguna aktif terbanyak kedua di Indonesia, yakni 85,3% dari 139 juta orang pada Januari 2024. Instagram memfasilitasi penggunanya dengan berbagai fitur untuk mendapatkan keuntungan, misalnya membangun personal branding. Sayangnya, penggunaan Instagram belum maksimal di kalangan remaja yang salah satunya bisa disebabkan oleh citra diri (cara pandang terhadap dirinya sendiri) yang kurang baik. Meskipun begitu, terdapat beberapa remaja yang tergolong ke dalam heavy user (pengguna berat) yang menggunakan Instagram di atas 80 menit per hari, membuat unggahan Instagram setiap hari, dan membuka Instagram 15-20 kali sehari. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana citra diri 5 remaja heavy user dan bagaimana itu muncul dalam proses berkomunikasi di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus intrinsik disertai dengan model komunikasi hyperpersonal untuk memahami kasus ini. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi struktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra diri yang positif melahirkan kepercayaan diri untuk berkomunikasi secara intens dengan pesan berupa foto dan video yang sebagian besar diunggah melalui fitur story di Instagram. Pesan berisi tentang dirinya, kemampuannya, kegiatannya, serta pencapaiannya menggunakan caption, style, lagu, lokasi, dan pengeditan yang mendukung. Dalam menyampaikan pesan, terdapat heavy user yang benar-benar percaya diri yang ditunjukkan dengan sikap tidak memikirkan tanggapan orang lain terhadap dirinya. Ada juga heavy user yang tidak sepenuhnya percaya diri. Perilaku komunikasi yang ditunjukkan berupa menggunakan filter Instagram, mengunggah lebih sering di akun kedua (second account), dan menonaktifkan akun (deactive) akun Instagram. Kata Kunci : Heavy user, Citra Diri, Kepercayaan Diri

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2506720058 Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:52
Terakhir diubah: 25 Jun 2025 03:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89586

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir