Kommen , Sohni Sitohang (2025) DIFFERENTIATED LEARNING STRATEGY WITH PROJECT BASED LEARNING IN DEVELOPING READING COMPREHENSION IN SMA IMMANUEL BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (3337Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3939Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. TESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (3940Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
This study aimed to investigate Differentiated Learning Strategy integrated with Project-Based Learning in developing students' reading comprehension of analytical exposition texts; specifically, (1) examined whether there is a significant difference in reading comprehension achievement, (2) identified which reading aspects improve significantly the most, and (3) identified which reading aspects improve significantly based on learning style after the intervention. This research employed a pre-test and post-test experimental design, involving two classes of second-grade students at SMA Immanuel Bandar Lampung, each consisting of 25 students. An Independent Sample T-test was utilized to determine whether the Differentiated Learning Strategy integrated with Project Based Learning had a significant impact on students' reading comprehension. Paired Sample T-test was employed to identify the specific reading aspects that showed the most improvement. The results showed a significant 14.96-point gain with the experimental class scoring 86.76 versus 71.80 in the control class. The significant value (sig.2-tailed) of 0.000 indicates a statistically significant result (p<0.05). The control class improved in making inference and vocabulary (Sig.=0.000), while the experimental class showed significant gains in all five reading aspects (Sig.=0.000). Based on learning styles, kinesthetic learners improved in all reading aspect, while auditory struggled with inference (Sig. = 0.468), and visual with main idea (0.095). Overall, the intervention contributed positively to develop students’ reading comprehension of analytical exposition texts. The findings suggest that integrating Differentiated Learning Strategy with Project-Based Learning is an effective approach to improving students' reading comprehension skills. The keywords: Differentiated Learning Strategy, Project-Based Learning, reading comprehension, learning preferences, reading aspects Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi yang diintegrasikan dengan Project-Based Learning dalam mengembangkan kemampuan pemahaman membaca siswa terhadap teks eksposisi analitis. Secara khusus, penelitian ini: (1) mengkaji apakah terdapat perbedaan signifikan dalam pencapaian kemampuan pemahaman membaca, (2) mengidentifikasi aspek membaca yang mengalami peningkatan paling signifikan, dan (3) mengidentifikasi aspek membaca yang meningkat secara signifikan berdasarkan gaya belajar setelah intervensi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pre-test dan post-test yang melibatkan dua kelas siswa kelas XI di SMA Immanuel Bandar Lampung, masing-masing terdiri dari 25 siswa. Uji Independent Sample T-test digunakan untuk mengetahui apakah Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi yang terintegrasi dengan Project-Based Learning memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa. Sementara itu, Paired Sample T-test digunakan untuk mengidentifikasi aspek membaca yang menunjukkan peningkatan paling signifikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor yang signifikan sebesar 14,96 poin, dengan rata-rata skor kelas eksperimen sebesar 86,76 dibandingkan 71,80 pada kelas kontrol. Nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000 menunjukkan hasil yang signifikan secara statistik (p<0,05). Kelas kontrol menunjukkan peningkatan pada aspek membuat inferensi dan kosakata (Sig.=0,000), sedangkan kelas eksperimen menunjukkan peningkatan signifikan pada kelima aspek membaca (Sig.=0,000). Berdasarkan gaya belajar, siswa kinestetik mengalami peningkatan pada semua aspek membaca, sementara siswa auditori mengalami kesulitan pada aspek inferensi (Sig.=0,468), dan siswa visual pada aspek gagasan utama (Sig.=0,095). Secara keseluruhan, intervensi ini berkontribusi positif dalam mengembangkan kemampuan pemahaman membaca siswa terhadap teks eksposisi analitis. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Project-Based Learning merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi, Project-Based Learning, pemahaman membaca, preferensi belajar, aspek membaca
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon) |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa Inggris |
Pengguna Deposit: | 2506178059 Digilib |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 04:05 |
Terakhir diubah: | 25 Jun 2025 04:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89592 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |