PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD

RULIK, WIDIARTI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (230Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1956Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1799Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan bahan ajar berbasis Augmented Reality (AR) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eskperimen, desain penelitian yaitu non-equivalen control grup design. Populasi penelitian berjumlah 49 orang peserta didik. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling atau sampling jenuh di mana keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana yang menunjukan Fhitung ≥ Ftabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan bahan ajar berbasis Augmented Reality (AR) pada pembelajaran IPAS, berupa peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. Kata Kunci : bahan ajar berbasis Augmented Reality (AR), IPAS, keterampilan berpikir krtitis, peserta didik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2506934206 Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:30
Terakhir diubah: 25 Jun 2025 07:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89607

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir