MARLIAN ADI , SAPUTRA (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2024/2025. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (216Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2450Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2342Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Teknologi pendidikan terus berkembang dan memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran. Salah satu inovasi yang digunakan dalam pembelajaran sejarah adalah media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi Canva. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi Canva terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI SMA Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental Design dengan pendekatan one group pretest-postest design. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik random sampling , dengan siswa yang dipilih secara acak. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana untuk mengukur perbedaan minat belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis Canva terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata skor minat belajar siswa pada nilai post test setelah diberikan perlakuan. Uji hipotesis menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis Canva berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil uji statistik, media video animasi berbasis Canva berpengaruh signifikan sebesar 65,28% terhadap peningkatan minat belajar siswa sejarah. Kata Kunci: media pembelajaran, video animasi, canva, minat belajar, sejarah
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 2506163465 Digilib |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:00 |
Terakhir diubah: | 26 Jun 2025 03:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89665 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |