PENGARUH TERPAAN KONTEN INSTAGRAM @komunikasiunila TERHADAP REDUKSI FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS LAMPUNG

DINA , SONIA (2025) PENGARUH TERPAAN KONTEN INSTAGRAM @komunikasiunila TERHADAP REDUKSI FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (21).pdf

Download (241Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL (37).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN (23).pdf

Download (3593Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Media sosial, termasuk Instagram berperan sebagai platform interaksi dan penyebaran informasi, yang dimanfaatkan oleh HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung melalui akun @komunikasiunila untuk menjangkau mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terpaan konten Instagram @komunikasiunila terhadap reduksi Fear Of Missing Out (FOMO) dalam meningkatkan produktivitas pada mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Lampung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and effect. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanasi melalui kuesioner yang ditujukan pada 108 mahasiswa angkatan 2023 dan 2024 jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Lampung yang dipilih menggunakan random sampling. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji t dibantu dengan aplikasi SPSS versi 27.0. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa (thitung 18,184 > ttabel 1,659) yang menunjukkan pengaruh signifikan. Nilai tersebut diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi sebesar 75,7%, menandakan pengaruh kuat konten Instagram terhadap reduksi FOMO dan peningkatan produktivitas, sementara 24,3% dipengaruhi faktor lain. Temuan ini menegaskan pentingnya konten media sosial yang informatif dan interaktif dalam memotivasi mahasiswa aktif dan produktif di lingkungan kampus. Kata Kunci : FOMO, Instagram, komunikasiunila, produktivitas, terpaan media, uses and effect

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2506071355 Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:17
Terakhir diubah: 26 Jun 2025 03:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89671

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir