STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

NOLA , PRAMAYA (2025) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK NOLA PRAMAYA.pdf

Download (251Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL NOLA PRAMAYA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2045Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN NOLA PRAMAYA.pdf

Download (1825Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi dan aktivitas belajar siswa serta penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif di kelas XI IPS SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together dan Snowball Throwing serta interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3 kelas dengan jumlah 99 siswa dan sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan jumlah 68 siswa yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan tes. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis two way anova dan t-test dua sampel independen. Hasil yang diperoleh dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Number Head Together dan siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dilihat dari aktivitas belajar tinggi, sedang, dan rendah. Pada siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dan sedang model pembelajaran Number Head Together lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Snowball Throwing sementara pada siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah rata-rata hasil belajar menggunakan Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Number Head Together. Dari hasil uji terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa pada hasil belajar ekonomi. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Ekonomi, Number Head Together, dan Snowball Throwing, This research is motivated by the low economic learning outcomes and student learning activities and the use of ineffective learning models in class XI IPS SMA Gajah Mada Bandar Lampung. This study aims to determine the differences in economic learning outcomes using the Number Head Together and Snowball Throwing learning models and the interaction between learning models and learning activities on economic learning outcomes. The method used in the study is an experimental method with a comparative approach. The population in this study were 3 classes with a total of 99 students and the sample used was 2 classes with a total of 68 students determined using the cluster random sampling technique. Data collection was carried out by means of observation, unstructured interviews, documentation, and tests. Hypothesis testing was carried out using two-way anova analysis and two independent sample t-tests. The results obtained from the data analysis showed that there were differences in economic learning outcomes of students whose learning used the Number Head Together learning model and students who used the Snowball Throwing learning model as seen from high, medium, and low learning activities. In students who have high and medium learning activities, the Number Head Together learning model is higher than the Snowball Throwing learning model, while in students who have low learning activities, the average learning outcomes using Snowball Throwing are higher than the Number Head Together learning model. From the test results, there is an interaction effect between the learning model and students' learning activities on economic learning outcomes. Keywords: Economic Learning Outcomes, Learning Economi, Number Head Together, dan Snowball Throwing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2506139609 Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:25
Terakhir diubah: 26 Jun 2025 06:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89726

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir