PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 RAMAN UTARA

Prita , Adinda (2025) PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 RAMAN UTARA. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (356Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perubahan terhadap kurikulum merdeka menimbulkan persepsi positif dan negatif dikalangan guru. Secara positif kurikulum merdeka dapat mendekatkan pada orientasi individu sesuai pada kebutuhan belajarnya. Namun di sisi lainnya menimbulkan spekulasi yang berdampak pada pandangan negatif yakni kurikulum merdeka menimbulkan kesulitan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap implemenbtasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Raman Utara. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penting penelitian ini dilakukan untuk memberikan informasi terhadap implementasi kurikulum merdeka . Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Raman Utara dapat dipeoleh informasi bahwa tema yang ditetapkan pada kegiatan P5 adalah suara demokrasi, kearifan lokal dan kewirausahaan yakni membuat sulaman tapis dan eksplorasi jenis makanan sebagai kearifan lokal. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melakukan perencanaan terlebih dahulu, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Selain itu, dapat diketahui bahwa P5 ini memberikan dampak positif terhadap karakter peserta didik seperti meningkatnya sikap tanggung jawab, mandiri, kreatif, peduli dan lain-lainnya. Selama melaksanakan penelitian diketahui terdapat faktor pendukung dan penghambat penerapan P5 yakni faktor pendukung kebijakan sekolah, kemampuan guru, fasilitas sekolah dan lingkungan belajar peserta didik. Sementara faktor penghamat berupa kesulitan guru untuk memahami program P5 keterbatasan kemampuan guru dan keterbatasan kemampuan guru. Kata kunci : Persepsi guru, implementasi kurikulum merdeka dan faktor pendukung/penghambat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: 2506372635 Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:28
Terakhir diubah: 26 Jun 2025 06:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89727

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir