Berlin , Lasroy Simbolon (2025) PENGEMBANGAN LKPD PRAKTIKUM BERBASIS PHYPHOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (284Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2177Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEBAHASAN.pdf Download (1631Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD praktikum berbasis Phyphox pada menu spring untuk meningkatkan hasil belajar pada materi getaran teredam di jenjang SMA/MA Fase E. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), yang dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap develop, serta dilengkapi sebagian tahap disseminate melalui seminar hasil penelitian. Produk LKPD divalidasi oleh dua orang ahli materi dan diuji secara empiris oleh peneliti melalui uji coba mandiri. Hasil validasi teoritis menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori layak, dengan skor rata-rata 3,45 dari skala maksimal 4. Sementara itu, uji coba empiris menunjukkan LKPD berada pada kategori sangat layak, dengan perolehan skor 62 dari 70. LKPD ini dirancang untuk memungkinkan pelaksanaan eksperimen fisika secara praktis dan interaktif hanya dengan menggunakan smartphone dan aplikasi Phyphox, khususnya pada pengukuran amplitudo, periode, dan frekuensi getaran teredam. Dalam eksperimen ini digunakan tiga jenis fluida pelumas sebagai media redaman, yaitu SAE 30, SAE 50, dan SAE 90. SAE (Society of Automotive Engineers) merupakan standar pengelompokan kekentalan oli; semakin besar angka SAE, semakin tinggi viskositas fluida tersebut. Variasi tingkat kekentalan ini memengaruhi besar kecilnya gaya redaman pada sistem pegas. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Phyphox ini tidak hanya layak secara teoritis dan empiris, tetapi juga memiliki potensi kuat untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa secara nyata, kontekstual, dan menyenangkan melalui pendekatan eksperimen digital berbasis teknologi. Kata Kunci: LKPD, Phyphox, Getaran Teredam, Viskositas Oli, Meningkatkan Hasil Belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2506019168 Digilib |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:36 |
Terakhir diubah: | 26 Jun 2025 06:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89752 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |