Analisis Keandalan Waktu Tempuh Pada Ruas Jalan Raden Gunawan Kabupaten Lampung Selatan Menggunakan Metode Statistical Range

M. HARIS, NOVAN JAYA (2025) Analisis Keandalan Waktu Tempuh Pada Ruas Jalan Raden Gunawan Kabupaten Lampung Selatan Menggunakan Metode Statistical Range. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERISITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (282Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2969Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keandalan waktu tempuh merupakan indikator penting dalam menilai kinerja suatu ruas jalan, khususnya dalam mendukung kelancaran lalu lintas dan ketepatan waktu perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keandalan waktu tempuh pada ruas Jalan Raden Gunawan di Kabupaten Lampung Selatan dengan menggunakan metode Statistical Range. Parameter yang digunakan meliputi Travel Time Window (TTW), Percent Variation (PV), dan Variability Index (VI). Data dikumpulkan menggunakan metode floating car dengan bantuan aplikasi Speedometer GPS Pro, yang dilakukan sebanyak 48 perjalanan pulang-pergi pada rentang waktu pukul 06.00–18.00 WIB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu tempuh dan kecepatan kendaraan mengalami fluktuasi signifikan, terutama pada jam sibuk pagi dan sore hari. Nilai TTW menunjukkan cakupan data sebesar 85,42% dan 77,08% untuk masing-masing arah. Nilai PV sebesar 8,8% dan 9,4% menunjukkan waktu tempuh yang relatif seragam, sementara nilai VI sebesar 2,1 dan 1,7 menunjukkan perbedaan signifikan antara jam sibuk dan tidak sibuk. Secara keseluruhan, ruas jalan tersebut belum menunjukkan kinerja optimal dan memerlukan perbaikan manajemen lalu lintas pada titik-titik rawan hambatan. Travel time reliability is an important indicator in evaluating the performance of a road segment, particularly in supporting traffic flow and travel punctuality. This study aims to analyze the travel time reliability of Raden Gunawan Road in South Lampung Regency using the Statistical Range method. The parameters used include Travel Time Window (TTW), Percent Variation (PV), and Variability Index (VI). Data were collected using the floating car method with the Speedometer GPS Pro application, conducted over 48 round-trip journeys between 06:00 and 18:00 WIB. The results show significant fluctuations in travel time and vehicle speed, especially during peak hours in the morning and evening. TTW values indicated data coverage of 85.42% and 77.08% for each direction. PV values of 8.8% and 9.4% reflect relatively consistent travel times, while VI values of 2.1 and 1.7 demonstrate considerable variation between peak and off-peak periods. Overall, the road segment has not yet shown optimal performance, indicating the need for improved traffic management at congestion-prone points.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: FAKULTAS TEKNIK (FT) > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 2506548380 Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2025 08:33
Terakhir diubah: 27 Jun 2025 08:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89805

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir