Prinsip Kerja Sama dalam Debat Putaran Kelima Calon Presiden RI 2024 di Kanal YouTube KPU RI dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Adelia, Rizky (2025) Prinsip Kerja Sama dalam Debat Putaran Kelima Calon Presiden RI 2024 di Kanal YouTube KPU RI dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (1).pdf

Download (257Kb) | Preview
[img] File PDF
TANPA LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2298Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TANPA PEMBAHASAN (3).pdf

Download (2158Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menemukan dan mendeskripsikan penaatan dan pelanggaran terhadap prinsip kerja sama, meliputi maksim kuantitas, maksim cara, dan maksim relevansi oleh Calon Presiden RI 2024 dalam debat putaran kelima calon presiden pemilu tahun 2024. Penelitian dilakukan dengan metode deksriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah tayangan debat putaran kelima Calon Presiden RI 2024 yang berjudul Debat Kelima Calon Presiden Pemilu Tahun 2024 yang ditayangkan di kanal YouTube KPU RI berdurasi 3 jam, 5 menit, 21 detik. Data penelitian ini berupa tuturan Calon Presiden RI 2024 yang mengandung penaatan dan pelanggaran prinsip kerja sama. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, dan analisis data dilakukan dengan metode padan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penaatan prinsip kerja sama dilakukan melalui penyampaian informasi yang jelas, terstruktur, cukup secara kuantitas, dan disertai tanggung jawab terhadap informasi yang disampaikan. Di samping itu, pelanggaran prinsip kerja sama dilakukan melalui penyampaian informasi yang berlebihan, tidak relevan, tidak jelas dan tidak terstruktur, serta tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Hasil penelitian diimplikasikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas X Fase E berdasarkan Kurikulum sebagai contoh pada materi pembelajaran debat. Peserta didik akan memahami kaidah kebahasaan debat beserta contohnya dan menerapkannya dalam praktik debat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
400 Bahasa > 402 Aneka ragam tentang ilmu bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: Adelia Rizky Adelia
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:40
Terakhir diubah: 26 Jun 2025 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89807

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir