PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPS UNIVERSITAS LAMPUNG

Cindy Amanda, Natalia Sitorus Pane (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPS UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2424Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2120Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya intensi berwirausaha di kalangan mahasiswa masih menjadi persoalan yang perlu mendapatkan perhatian, terutama dalam membangun ekosistem kewirausahaan yang kuat di perguruan tinggi. Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Universitas Lampung menunjukkan kecenderungan yang lebih besar untuk menjadi pencari kerja daripada pencipta lapangan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendidikan kewirausahaan dan kecerdasan adversitas terhadap intensi berwirausaha, dengan memperhatikan efikasi diri sebagai variabel intervening pada mahasiswa angkatan 2021 Jurusan Pendidikan IPS Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto dan teknik survei. Sampel terdiri dari mahasiswa aktif tahun angkatan 2021 dari empat program studi dalam naungan Jurusan Pendidikan IPS, yang dipilih melalui teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang dianalisis menggunakan teknik analisis jalur dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik pendidikan kewirausahaan maupun kecerdasan adversitas berpengaruh secara langsung terhadap efikasi diri mahasiswa. Selain itu, pendidikan kewirausahaan dan kecerdasan adversitas juga terbukti memengaruhi intensi berwirausaha, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri. Efikasi diri memiliki peran mediasi yang signifikan dalam memperkuat hubungan antara variabel bebas dan intensi berwirausaha. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memberikan pengaruh yang bermakna terhadap niat mahasiswa untuk terjun ke dunia kewirausahaan. Temuan ini menegaskan bahwa untuk mendorong semangat berwirausaha di kalangan mahasiswa, diperlukan penguatan pendidikan kewirausahaan, pengembangan kecerdasan menghadapi tantangan, serta peningkatan keyakinan diri. Kata kunci: Efikasi Diri, Intensi Berwirausaha, Kecerdasan Adversitas, Pendidikan Kewirausahaan. This research is motivated by the persistently low entrepreneurial intentions among university students, which remains a critical issue that requires attention especially in building a strong entrepreneurial ecosystem within higher education institutions. Students in the Social Sciences Education Department at the University of Lampung tend to show a greater inclination toward becoming job seekers rather than job creators. This study aims to examine the influence of entrepreneurship education and adversity intelligence on entrepreneurial intention, with self-efficacy considered as an intervening variable among 2021 cohort students in the Social Sciences Education Department at the University of Lampung. This research employs a quantitative approach using an ex post facto method and survey technique. The sample consists of active students from the 2021 cohort across four study programs under the Social Sciences Education Department, selected through proportional random sampling. The research instrument is a questionnaire, and data were analyzed using path analysis with the help of SPSS software. The results of the study indicate that both entrepreneurship education and adversity intelligence have a direct effect on students' self-efficacy. Furthermore, entrepreneurship education and adversity intelligence are also proven to influence entrepreneurial intention, both directly and indirectly through self-efficacy. Self-efficacy plays a significant mediating role in strengthening the relationship between the independent variables and entrepreneurial intention. Simultaneously, all three variables have a meaningful impact on students’ intentions to engage in entrepreneurship. These findings affirm that to foster entrepreneurial spirit among students, it is essential to strengthen entrepreneurship education, develop adversity intelligence, and enhance self-confidence. Keywords: Adversity Quotient, Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Intention Self-Efficacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2506052191 Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:22
Terakhir diubah: 30 Jun 2025 02:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89837

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir