PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA SMPN 18 BANDAR LAMPUNG

Anggi , Seviani (2025) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA SMPN 18 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (241Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1537Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1238Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan perbedaan minat belajar siswa, serta kurangnya variasi dalam penerapan model pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti perbedaan hasil belajar IPS yang pembelajarannya menggunakan Example Non-Example dan Team Assisted Individualization dengan memperhatikan minat belajar siswa serta mengkaji interaksi antara model pembelajaran, minat belajar terhadap hasil belajar IPS. Metode yang digunakan adalah model penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif, desain faktorial 2x2, serta teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling berjumlah 62 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, eksperimen, teknik tes, angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan Anava Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang diajarkan menggunakan model pembelajaran example non-example dibandingkan pembelajaran menggunakan team assisted individualization, terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah, rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran example non-example lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran team assisted individualization pada siswa yang mempunyai minat belajar tinggi dan rendah, tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci: Example Non-Example, Hasil Belajar IPS, Minat Belajar, Team Assisted Individualization. This research is motivated by the low learning outcomes and differences in students' learning interests, as well as the lack of variation in the application of learning models in social studies subjects. The purpose of this study was to examine the differences in social studies learning outcomes using Example Non-Example and Team Assisted Individualization by paying attention to students' learning interests and examining the interaction between learning models, learning interests and social studies learning outcomes. The method used is an experimental research model with a comparative approach, 2x2 factorial design, and the sampling technique used is cluster random sampling totaling 62 students. Data collection was carried out through interviews, observations, experiments, test techniques, questionnaires and documentation. Hypothesis testing used Two-Way ANOVA and Two Independent Sample t-Test. The results of the analysis show that there are differences in the learning outcomes of social studies taught using the example nonexample learning model compared to learning using team assisted individualization, there are differences in the learning outcomes of social studies of students who have high learning interests and students who have low learning interests, the average learning outcomes of social studies of students taught using the example non-example learning model are higher than the team assisted individualization learning model for students who have high and low learning interests, there is no interaction between the learning model and learning interests on student learning outcomes in social studies subjects.. Keywords: Example Non-Example, Learning Interest, Social Studies Learnings Outcomes, Team Assisted Individualization

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2506379654 Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:46
Terakhir diubah: 30 Jun 2025 02:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89845

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir