PENGARUH FLASH SALE DAN LIVE STREAMING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MELALUI MINAT BELI KONSUMEN PENGGUNA TIKTOK SHOP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS LAMPUNG

Monica Elma , Agustina (2025) PENGARUH FLASH SALE DAN LIVE STREAMING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MELALUI MINAT BELI KONSUMEN PENGGUNA TIKTOK SHOP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1429Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1147Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pembelian impulsif yang dialami oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung, dimana 59% dari mahasiswa pernah melakukan pembelian secara impulsif saat berbelanja di TikTok Shop. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh flash sale, dan live streaming terhadap pembelian impulsif melalui minat beli konsumen pengguna TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif dan menggunakan pendekatan ex post facto dan survei. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa aktif program studi Pendidikan ekonomi Universitas Lampung yang menggunakan TikTok Shop dengan jumlah 160 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik nonprobability sampling dan menggunakan sampel random sampling yang diperoleh 114 sampel dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, lalu di uji validitas (produk moment) dan uji reabilitas (alpha cronbach). Pengujian dilanjutkan dengan uji normalitas (kolmogorov-smirnov), dan uji homogenitas (levene statistik). Selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik: uji linier garis regresi (ANOVA), uji multikolinieritas (VIF), uji autokolerasi (D-W), dan uji heteroskedastisitas (gledser). Selanjutnya Uji Hipotesis yang digunakan menggunakan Path Analysis yang di olah menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ρYX1=17,7%, ρYX2=64,4%, ρZX1=34,4% ρZX2=19,7%, ρZY=35,3%, rX1X2=75,1%, RY2 (X1,X2)=61%, RZ2 (X1,X2Y)=40,9%. Kemudian terdapat pengaruh tidak langsung flash sale sebesar 6,25% dan live streaming sebesar 22,73% terhadap pembelian impulsif melalui minat beli. Kata Kunci: Flash Sale, Live Streaming, Minat Beli, Pembelian Impulsif This study is motivated by the phenomenon of impulsive buying experienced by students of Economics Education, University of Lampung, where 59% of students have made impulsive purchases when shopping at TikTok Shop. The purpose of this study was to determine the effect of flash sales and live streaming on impulsive buying through consumer buying interest of TikTok Shop users. This study uses a quantitative research type with a descriptive verification method and uses an ex post facto and survey approach. The population in this study were active students of the Economics Education study program, University of Lampung who used TikTok Shop with a total of 160 students. The sample in this study was determined using a nonprobability sampling technique and using a random sampling sample obtained 114 samples using the Slovin formula. Data collection using questionnaires, then tested for validity (product moment) and reliability (alpha cronbach). The test was continued with a normality test (kolmogorov-smirnov), and a homogeneity test (levene statistics). Next, classical assumption tests were carried out: linear regression line test (ANOVA), multicollinearity test (VIF), autocorrelation test (DW), and heteroscedasticity test (Gledser). Furthermore, the Hypothesis Test used Path Analysis which was processed using SPSS version 27. The results of this study indicate that ρYX1 = 17.7%, ρYX2 = 64.4%, ρZX1 = 34.4% ρZX2 = 19.7%, ρZY = 35.3%, rX1X2 = 75.1%, RY2 (X1,X2) = 61%, RZ2 (X1,X2Y) = 40.9%. Then there is an indirect effect of flash sale of 6.25% and live streaming of 22.73% on impulsive purchases through purchase interest. Keywords: Flash Sale, Live streaming, Buying Interest, Impulsive Buying

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2506010250 Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:58
Terakhir diubah: 30 Jun 2025 02:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89858

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir