PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

TRI, MUSTIKANINGRUM (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img] File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3564Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
2. TESIS FULL.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik, baik berdasarkan data PISA maupun hasil observasi di SMA YP Unila Bandar Lampung, serta belum optimalnya pemanfaatan LKPD yang mendorong pembelajaran aktif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA YP Unila Bandar Lampung pada semester genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDI-E dengan tahapan Analysis-Evaluate, Design-Evaluate, Development-Evaluate, dan Implementation-Evaluate. Subjek penelitian pada tahap Implementation-Evaluate terdiri dari peserta didik kelas XI.1 sebagai kelas yang menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning dan peserta didik kelas XI.2 sebagai kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes kemampuan representasi matematis. Hasil validasi oleh ahli materi dengan rata-rata kevalidan 85 dan ahli media dengan rata-rata kevalidan 83,5 menunjukkan bahwa LKPD tergolong sangat valid. Hasil uji kepraktisan dari guru yaitu 96 dan peserta didik yaitu 84 juga menunjukkan tanggapan sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning mengalami peningkatan kemampuan representasi matematis yang signifikan dengan rata-rata N-Gain yang lebih tinggi dibanding pembelajaran konvensional serta hasil uji proporsi menunjukkan bahwa 77,78% peserta didik mencapai nilai di atas KKM (76). Dengan demikian, LKPD berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Kata kunci: LKPD, Problem Based Learning, Kemampuan Representasi Matematis

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2506142365 Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:24
Terakhir diubah: 30 Jun 2025 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89871

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir