PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI GOBAK SODOR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Novita, Anggarwati (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI GOBAK SODOR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (281Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1950Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1376Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting karena berperan dalam mengembangkan keterampilan berhitung yang menjadi dasar dalam kehidupan sehari-hari serta pembelajaran ilmu pengetahuan lainnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game edukasi gobak sodor terhadap kemampuan berhitung dan untuk mengetahui perbedaan penggunaan game edukasi gobak sodor di kelas eksperimen dan game edukasi geoboard di kelas kontrol. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental design dan nonequivalent control group design, serta menggunakan purposive sampling. Populasi terdiri dari 33 peserta didik kelas VA dan VB SD Negeri 01 Sapto Renggo. Data dikumpulkan melalui tes berupa pretest dan posttest serta nontes berupa observasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan independent samples test. Hasil regresi menunjukkan pengaruh signifikan penggunaan game edukasi gobak sodor terhadap kemampuan berhitung peserta didik. Sedangkan, independent samples test menunjukkan terdapat perbedaan tetapi tidak signifikan antara kemampuan berhitung peserta didik yang menggunakan game edukasi gobak sodor dan yang menggunakan game edukasi geoboard. Kata kunci: game edukasi, gobak sodor, kemampuan berhitung, kuantitatif, peserta didik sekolah dasar Mathematics was a very important subject as it played a role in developing calculation skills that formed the foundation for daily life and other scientific learning.The problem in this study was the low calculation ability of fifth-grade elementary school students. This study aimed to determine the effect of the educational game gobak sodor on students’ calculation skills and to identify the differences in the use of the gobak sodor educational game in the experimental class and the geoboard educational game in the control class. The study used a quantitative approach with a quasi-experimental design and nonequivalent control group design, employing purposive sampling. The population consisted of 33 students from classes VA and VB of SD Negeri 01 Sapto Renggo. Data were collected through tests in the form of pretests and posttests as well as non-test observations. Data analysis was conducted using simple linear regression and independent samples t-test. The regression results showed a significant effect of using the gobak sodor educational game on students’ calculation abilities. The independent samples t-test showed a difference, but it was not statistically significant, between the calculation abilities of students using the gobak sodor educational game and those using the geoboard educational game. Keywords: arithmetic ability, educational game, elementary school students, gobak sodor, quantitative

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2506968092 Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:51
Terakhir diubah: 30 Jun 2025 02:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89881

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir