PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS

Angger Reza Egypt, Putri (2025) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI_ ANGGER_REZA_EGYPT_PUTRI__ FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1481Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI_ANGGER_REZA_EGYPT_PUTRI__ TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1125Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Critical thinking skills dan sustanability awareness merupakan kompetensi yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dimasa depan. Namun, realita yang terjadi menunjukkan bahwa kedua kompetensi tersebut masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis Education for Sustainable Development (ESD) terhadap critical thinking skills dan sustainability awareness peserta didik pada materi ekosistem. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Padang Cermin tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X9 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Teknik pengambilan data dilakukan melalui pretest-posttest untuk critical thingking skills dan angket untuk sustainability awareness. Perlakuan dalam penelitian ini diberikan melalui penerapan model inkuiri terbimbing berbasis ESD pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai yang signifikan untuk critical thingking skills. Indikator berpikir kritis yang mengalami peningkatan tertinggi adalah basic clarification. Hasil uji effect size menghasilkan nilai Cohen’s sebesar 1,086 yang termasuk dalam kategori besar. Pada aspek sustainability awareness, indikator yang mengalami peningkatan tertinggi adalah kesadaran emosional. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing berbasis ESD berpengaruh terhadap critical thinking skills dan sustainability awareness peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model ini dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran untuk meningkatkan critical thinking skills dan sustainability awareness peserta didik, khususnya pada materi ekosistem. Kata Kunci: Critical thinking skills, Education for Sustainability Development, Inkuiri Terbimbing, Sustainability Awareness

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506802663 Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2025 06:56
Terakhir diubah: 30 Jun 2025 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89905

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir