PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR

Miftahul Zannah, Raharjo Putri (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
HANYA ABSTRAK MIFTAHUL ZANNAH RAHARJO PUTRI_2113053174.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI full tanpa lampiran MIFTAHUL ZANNAH RAHARJO PUTRI .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1753Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI tanpa bab 4 MIFTAHUL ZANNAH RAHARJO PUTRI .pdf

Download (1514Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika di SDN 2 Sumur, Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan aplikasi wordwall terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas II di SD Negeri 2 Sumur dan perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan PBL berbantuan wordwall dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan wordwall. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experimental dengan desain pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan 42 populasi dengan sampel penelitian terbagi menjadi dua kelas yaitu 20 peserta didik untuk kelas eksperimen dan 22 peserta didik untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan uji regresi linear sederhana, hasil penelitian menujukkan Ha diterima dengan hasil Fhitung > Ftabel atau 5,86 > 4,41, artinya signifikan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan wordwall terhadap hasil belajar matematika kelas II SD. Berdasarkan Uji T maka Ha diterima dengan hasil thitung > ttabel atau 4,817 > 2,021. The problem in this study was the low mathematics learning outcomes at SDN 2 Sumur, South Lampung. This study aimed to examine the effect of implementing the problem-based learning (PBL) model assisted by the wordwall application on the mathematics learning outcomes of second-grade students at SDN 2 Sumur and the difference in learning outcomes between the experimental class used PBL assisted by Wordwall and the control class used the guided inquiry learning model assisted by Wordwall. This study used a quantitative research design with a quasi experimental method and a pretest-posttest control group design. The study involved 42 participants, with the sample divided into two classes: 20 students in the experimental class and 22 students in the control class. The data collection technique used simple linear regression. The results of the study showed that Ha was accepted with the result Fcount > Ftable or 5.86 > 4.41, meaning that there was a significant effect of the PBL model assisted by Wordwall on the learning outcomes of second-grade elementary school mathematics. Based on the T-test, Ha was accepted with the result tcount > ttable or 4.817 > 2.021.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2506691390 Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:09
Terakhir diubah: 30 Jun 2025 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89914

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir