PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI PHYPHOX TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI CEPAT RAMBAT BUNYI

YIKSI, HILMALIA (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI PHYPHOX TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI CEPAT RAMBAT BUNYI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3505Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2534Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi Phyphox untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi cepat rambat bunyi. Penelitian ini dilakukan di MA Roudlotut Tholibin Metro pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan metode pre-experiment design (non-design) dengan desain kelompok one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI Reguler 1 dengan jumlah 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa soal esai. Indikator keterampilan proses sains yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan mengamati, mengelompokkan, meramalkan, mengajukan pertanyaan, berhipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep, mengomunikasikan, dan menafsirkan. Pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan aplikasi Phyphox memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Hal ini juga didukung oleh hasil uji Paired Sample TTest dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 yang menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi Phyphox dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, indikator keterampilan proses sains yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah keterampilan mengomunikasikan dengan nilai hitung rata-rata N-Gain sebesar 0,90 dengan kategori tinggi. Kata kunci: Aplikasi Phyphox, Cepat Rambat Bunyi, Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2506182140 Digilib
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:22
Terakhir diubah: 01 Jul 2025 02:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89933

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir