PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Liwa Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025)

KYSA , WINDIA ROSA (2025) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Liwa Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (243Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1124Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1110Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Liwa tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 287 siswa yang terdistribusi kedalam 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C dan VIII I yang masing-masing berjumlah 29 dan 27 siswa yang terpilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Instrumen berupa lembar soal tes kemampuan berpikir reflektif matematis. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh hasil bahwa rata-rata kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti model guided discovery learning lebih tinggi dari rata-rata kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model Guided Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Kata Kunci : kemampuan berpikir reflektif matematis, model guided discovery learning, pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2506907049 Digilib
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:56
Terakhir diubah: 01 Jul 2025 02:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89954

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir