STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 18 BANDAR LAMPUNG

SARAH, AZZAHRA (2025) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 18 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (282Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2300Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2034Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS yaitu 84,80% nilai UTS siswa semester ganjil 2024/2025 belum mencapai KKTP serta kurang optimalnya penerapan model pembelajaran yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Snowball Throwing serta interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan dan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini 171 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 56 siswa dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Uji persyaratan dilakukan dengan uji normalitas (Shapiro-Wilk) dan uji homogenitas (Levene Statistic). Uji hipotesis dilakukan dengan analisis varians dua jalan dan uji t-test dua sampel independent. Hasil penelitian terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara model Discovery Learning dan Snowball Throwing dilihat dari minat tinggi, sedang, dan rendah. Pada siswa yang mempunyai minat tinggi dan rendah rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dibanding menggunakan Discovery Learning yaitu pada tingkat tinggi sebesar 88,33<93,75 dan tingkat rendah sebesar 56,43<65,83. sedangkan siswa dengan minat sedang memperoleh hasil lebih tinggi saat diajar dengan Discovery Learning disbanding dengan Snowball Throwing dengan rata-rata nilai 75,42>71,25 serta terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung =5,004 > Ftabel =4,03. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar IPS, Minat Belajar Siswa, , Snowball Throwing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2506533060 Digilib
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:34
Terakhir diubah: 01 Jul 2025 03:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89960

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir