PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN MODEL SITUATION-BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA

DEWI , NUR FAUZIA (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN MODEL SITUATION-BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3892Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2351Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan e-LKPD dengan model SituationBased Learning yang memenuhi kriteria valid dan praktis serta efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Menggala dan menggunakan desain penelitian pretest-postest dengan sampel peserta didik kelas X.8 sebagai kelas eksperimen dan X.9 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, angket dan tes kemampuan berpikir kritis siswa yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data hasil validasi ahli media dan materi didapatkan rata-rata skor 0,85 dan 0,84 dengan kriteria sangat valid, serta hasil tanggapan guru dan siswa tentang kepraktisan e-LKPD dengan model Situation-Based Learning diperoleh rata-rata skor 0,93 dan 0,92 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil uji-t terhadap peningkatan (N-gain) kemampuan berpikir kritis diperoleh sig. sebesar 0,000<0,05 , sehingga E-LKPD dengan model Situation-Based Learning efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-LKPD dengan model Situation-Based Learning yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci: Situation Based Learning, kemampuan berpikir kritis.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2506115778 Digilib
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:31
Terakhir diubah: 01 Jul 2025 03:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89962

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir