DIAH NURMALITA , SARI (2025) STRATEGI PEMASARAN EKOWISATA MANGROVE CUKU NYINYI DESA SIDODADI KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2638Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2699Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Ekowisata mangrove berpotensi besar meningkatkan kesadaran masyarakat tentang konservasi mangrove. Namun, memerlukan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan minat wisatawan dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi objek daya tarik dan SWOT serta merumuskan strategi pemasaran Ekowisata Mangrove Cuku Nyinyi berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan bulan November-Desember 2024 di Ekowisata Mangrove Cuku Nyinyi, Desa Sidodadi Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang didukung dengan analisa kualitatif. Pengumpulan data penelitian yaitu wawancara dengan 30 responden, observasi, dan studi pustaka. Pengambilan sampel menggunakan kombinasi teknik purposive sampling-accidental sampling. Hasil penelitian menujukkan ekowisata memiliki wisata buatan seperti spot foto miniatur menara eiffel yang menjadi ikon destinasi. Selain itu terdapat fasilitas seperti pusat informasi, gazebo, toilet umum, mushola, tempat sampah, area parkir, jaringan komunikasi, plang penunjuk arah dan pintu gerbang. Faktor kekuatan (strenghts) yaitu menawarkan pengalaman wisata yang menarik dan unik dengan keindahan alam. Faktor kelemahan (weaknesses) yaitu kurangnya transportasi umum yang sampai di lokasi. Faktor peluang (opportunities) yaitu meningkatnya wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Lampung. Faktor ancaman (threats) yaitu tidak adanya transportasi umum yang mendukung wisatawan menuju objek wisata. Strategi pemasaran yang dapat diakukan adalah strategi agresif (SO) yaitu berkolaborasi dengan organisasi dan pemerintah, pemasangan banner promosi objek wisata, dan pemanfaatan teknologi. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Ekowisata, Mangrove, SWOT Mangrove ecotourism has great potential to increase public awareness of mangrove conservation. However, it requires an effective marketing strategy to increase tourist interest and optimize the potential it has. The purpose of this study was to identify the objects of attraction and SWOT and formulate a marketing strategy for Cuku Nyinyi Mangrove Ecotourism based on a SWOT analysis. This research was conducted in November-December 2024 at Cuku Nyinyi Mangrove Ecotourism, Sidodadi Village, Teluk Pandan District, Pesawaran Regency, Lampung Province. This research method is quantitative descriptive analysis supported by qualitative analysis. Data collection for the study was interviews with 30 respondents, observations, and literature studies. Sampling used a combination of purposive sampling and accidental sampling techniques. The results of the study showed that ecotourism has artificial tourism such as a miniature Eiffel Tower photo spot which is an icon of the destination. In addition, there are facilities such as an information center, gazebo, public toilets, prayer rooms, trash cans, parking areas, communication networks, signposts and gates. The strength factor is offering an interesting and unique tourism experience with natural beauty. Weakness factors (weaknesses) are the lack of public transportation that reaches the location. Opportunities factors (opportunities) are the increasing number of tourists visiting Lampung Province. Threats factors (threats) are the absence of public transportation that supports tourists to tourist attractions. Marketing strategies that can be carried out are aggressive strategies (SO) namely collaborating with organizations and governments, installing promotional banners for tourist attractions, and utilizing technology. Keyword: Strategy, Marketing, Ecotourism, Mangrove, SWOT
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan |
Program Studi: | FAKULTAS PERTANIAN (FP) & PASCASERJANA > Prodi S1 Kehutanan |
Pengguna Deposit: | 2506014510 Digilib |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:34 |
Terakhir diubah: | 01 Jul 2025 07:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89971 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |