Nafa , Nabilah (2024) PENGGUNAAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMA HANG TUAH KOTABUMI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
SKRIPSI FILE ABSTRAK_NAFA NABILAH_BK_2013052016 - Nafa Nabilah.pdf Download (804Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FILE FULL(Tanpa Lampiran Isi)_NAFA NABILAH_BK_2013052016 - Nafa Nabilah.pdf Restricted to Hanya staf Download (3188Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FILE FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)_NAFA NABILAH_BK_2013052016 - Nafa Nabilah.pdf Download (2722Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat siswa yang memiliki minat belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penggunaan bimbingan kelompok teknik self management dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI di SMA Hang Tuah Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara. Metode pengumpulan data menggunakan skala minat belajar. Jenis penelitian ini merupakan pre eksperimen dengan desain kuasi eksperimen (Quasi Experimental Design). Teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling adalah teknik penentuan sampel yang mempertimbangkan aspek tertentu. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansinya sebesar p = 0,004 ; p < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan Minat Belajar Siswa pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Adanya perbedaan yang signifikan maka dapat dikatakan bahwa nilai posttest kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan ditunjukan hasil signifikansinya sebesar p = 0,004 ; p < 0,05. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa penggunaan bimbingan kelompok teknik self management dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI SMA Hang Tuah Kotabumi. Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik self management, minat belajar siswa The problem in this research is that there are students who have low interest in learning. This research aims to see whether the use of self-management technique group guidance can increase interest in studying in class XI students at Hang Tuah High School, Kotabumi, North Lampung Regency. The data collection method uses a learning interest scale. This type of research is pre-experimental with a quasi-experimental design (Quasi Experimental Design). The sampling technique using the purposive sampling method is a sampling technique that considers certain aspects. The research results show a significance value of p = 0.004; p < 0.05 then Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be said that there is a difference in students' learning interest in the experimental group and the control group. If there is a significant difference, it can be said that the posttest score for the experimental class is better than the control class, showing a significance result of p = 0.004; p < 0.05. Therefore, it can be stated that the use of self-management technique group guidance can increase the interest in learning of class XI students at Hang Tuah High School, Kotabumi. Keywords: group guidance, self-management techniques, student interest in learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:08 |
Terakhir diubah: | 08 Sep 2025 04:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90271 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |