STRATEGI PEMBELAJARAN GAMELAN OLEH PRAKTISI MUSIK PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP PGRI 2 BANDAR SRIBHAWONO

Duta , Niti Baskara (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GAMELAN OLEH PRAKTISI MUSIK PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP PGRI 2 BANDAR SRIBHAWONO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
Abstrak (Duta Niti Baskara 2013045034) - Duta Niti Baskara.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img] File PDF
Full Tanpa Lampiran (Duta Niti Baskara 2013045034) - Duta Niti Baskara.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1504Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Full Tanpa Pembahasan Tanpa Lampiran (Duta Niti Baskara 2013045034) - Duta Niti Baskara.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan mendeskripsikan terkait strategi pembelajaran yang diterapkan oleh praktisi musik pada ekstrakurikuler Gamelan di SMP PGRI 2 Bandar Sribhawono. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Teknik kebasahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada proses pembelajaran ekstrakurikuler Gamelan di SMP PGRI 2 Bandar Sribhawono dilakukan melalui tiga tahapan pembelajaran, yaitu pra-instruksional, intruksional, dan evaluasi tindak lanjut. Berdasarkan tahapan pembelajaran yang telah dilaksanakan, pelatih menerapkan beberapa komponen pembelajaran, seperti tujuan, metode, materi ajar, media, dan evaluasi yang telah ditetapkan. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran langsung menggunakan teknik scaffolding. Pembelajaran dilaksanakan secara bertahap. Penerapan strategi pembelajaran langsung dilakukan oleh pelatih dengan mengadaptasi dari komponen strategi pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, penyampaian informasi, partisipasi peserta didik, tes, dan kegiatan lanjutan. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Gamelan. The purpose of this research is to identify of the learning process and describe the learning strategies that is applied by music practitioner to the Gamelan extracurricular at PGRI 2 Junior High School Bandar Sribhawono. The method of this research is a descriptive qualitative. The data collection techniques in this research includes observation, interview, and documentation. The data analysis techniques in this research includes data reduction, data display, conclusion drawing and verification. Data validity techniques used include triangulation. The result of this research shows that the learning process of Gamelan extracurricular at PGRI 2 Junior High School Bandar Sribhawono can be done by implementing three stages of learning includes pre-instructional, instructional, and follow-up activities. Based on the stages of learning that have been implemented, the instructors applies learning components such as purpose of learning, learning methods, instruction materials of learning, media, and evaluation that have been planned. The learning activities are conducted by directly implementing the learning strategies using scaffolding techniques. The learning process is conducted gradually. Implementation of the learning strategies is done by the instructors by adapting the components of learning strategies including preliminary activities, information delivery, student participation, tests and follow-up activities. Keywords: Strategy, Learning, Extracurricular, Gamelan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 700 Seni, seni rupa, kesenian > 780 Musik
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Musik
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:20
Terakhir diubah: 08 Sep 2025 04:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90275

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir