PERANAN TATA TERTIB SEKOLAH SEBAGAI PEDOMAN DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI UPTD SMPN 17 PESAWARAN

Septiyana , - (2024) PERANAN TATA TERTIB SEKOLAH SEBAGAI PEDOMAN DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI UPTD SMPN 17 PESAWARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Septiyana(1).pdf

Download (122Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Septiyana.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2082Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PAMBAHASAN -Septiyana.pdf

Download (1845Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan tata tertib sekolah sebagai pedoman dalam pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di UPTD SMPN 17 Pesawaran. Metode penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik elas VII, VIII, IX di UPTD SMPN 17 Pesawaran. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 responden. Teknik analisis data menggunakan uji multivariate. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang telah peneliti lakukan mengenai peranan tata tertib dalam membina karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di UPTD SMPN 17 Pesawaran menunjukkan bahwa Tata tertib sekolah berperan penting sebagai pedoman dalam pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik yang harus ditaati setiap peserta didik untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, dan kondusif dilingkungan sekolah. Dengan mengikuti tata tertib sekolah peserta didik tidak hanya belajar disiplin, tetapi juga menjalankan tugas dan kewajiban dilingkungan sekolah. Tata tertib ini menjadi salah satu alternative yang apabila terapkan secara maksimal dapat membentuk karakter pada peserta didik. Kata Kunci : Tata Tertib, Karakter Disiplin, Tanggung jawab. The purpose of this study was to determine the role of school discipline as a guideline in fostering the character of discipline and responsibility of students at UPTD SMPN 17 Pesawaran. This research method is a descriptive method with a quantitative approach. The subjects of this study were students of classes VII, VIII, and IX at UPTD SMPN 17 Pesawaran. The sample in this study amounted to 84 respondents data analysis techniques using multivariate tests. Based on the results of research and hypothesis testing that researchers have done regarding the role of discipline in fostering the character of discipline and responsibility of students at UPTD SMPN 17 Pesawaran, it shows that school discipline plays an important role as a guideline in promoting the character of discipline and responsibility of students who must be obeyed by every student to create a safe and conducive learning environment in the school environment. By following the school rules, students not only learn discipline but also carry out their duties and obligations in the school environment. This discipline is one of the alternatives that if applied optimally can shape the character of students. Keywords: Rules, Disciplined Character, Responsibility.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 08 Sep 2025 06:21
Terakhir diubah: 08 Sep 2025 06:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90298

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir