THERESIA NATA, EKWANDANI (2024) PENGEMBANGAN DESAIN PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRATIF SEKOLAH XAVERIUS DI YAYASAN XAVERIUS TANJUNG KARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
2223011003 Abstrak - Theresia Nata Ekwandani.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2223011003 Full Tesis Tanpa Lampiran - Theresia Nata Ekwandani (1).pdf Restricted to Hanya staf Download (3730Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
2223011003 Full Tesis Tanpa Bab Pembahasan Tanpa Lampiran - Theresia Nata Ekwandani.pdf Download (2140Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan dengan pendekatan ADDIE. Penelitian bertujuan untuk menganalisis: 1) potensi dan kondisi SMP Xaverius Bandar Lampung di Yayasan Xaverius Tanjung Karang untuk dikembangkan desain pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam mengimplementasikan kurikulum integratif sekolah Xaverius, 2) proses pengembangan desain pelatihan, 3) karakteristik desain pelatihan, 4) kemenarikan desain pelatihan, dan 5) efektivitas desain pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik guru SMP Xaverius Bandar Lampung di Yayasan Xaverius Tanjung dalam mengimplementasikan kurikulum integratif sekolah Xaverius. Subyek penelitian pengembangan ini adalah para guru SMP Xaverius Bandar Lampung di Yayasan Xaverius Tanjung Karang yang berjumlah 57 orang. Para guru tersebut tersebar di tiga satuan pendidikan SMP Xaverius di Bandar Lampung, yakni SMP Xaverius 2, SMP Xaverius 3, dan SMP Xaverius 4. Hasil penelitian ini pengembangan ini menunjukkan bahwa: 1) potensi dan kondisi SMP Xaverius Bandar Lampung di Yayasan Xaverius Tanjung Karang layak untuk dikembangkan desain pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru mengimplementasikan kurikulum integratif sekolah Xaverius, 2) proses pengembangan desain pelatihan menggunakan ADDIE dengan panduan dan konten pelatihan yang telah divalidasi oleh para ahli desain, konten, bahasa, dan media dengan hasil sangat layak untuk digunakan, masing-masing mendapatkan skor 92,31%, 86,68%, 84%, dan 95,92%, 3) karakteristik desain pelatihan meliputi enam karakter utama, yakni a) mempengaruhi perubahan, b) dirancang untuk mencapai tujuan tertentu, c) berpusat pada pembelajar, d) melibatkan pembelajar secara aktif, e) relevan dengan dunia pembelajar, dan f) memiliki hasil yang terukur, 4) menurut persepsi peserta pelatihan dari SMP Xaverius 2, SMP Xaverius 3, dan SMP Xaverius 4 desain pelatihan ini menarik, dengan tingkat kemenarikan 88,57%, 5) desain pelatihan ini sangat efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru, meliputi domain pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebesar 80%, 87,64%, dan 89,67%. Kata kunci: Desain pelatihan, kompetensi pedagogik guru, implementasi kurikulum Sekolah Xaverius The research is development research using a development model with the ADDIE approach. The research aims to analyze: 1) the potential and conditions of Xaverius Middle School Bandar Lampung at the Xaverius Tanjung Karang Foundation to develop training designs to increase teacher pedagogical competence in implementing the Xaverius school integrative curriculum, 2) the process of developing training designs, 3) characteristics of training designs, 4) attractiveness training design, and 5) the effectiveness of the training design to increase the pedagogical competence of Xaverius Bandar Lampung Middle School teachers at the Xaverius Tanjung Foundation in implementing the Xaverius school's integrative curriculum. The subjects of this development research were the Xaverius Bandar Lampung Middle School teachers at the Xaverius Tanjung Karang Foundation, totaling 57 people. The teachers are spread across three educational units at Xaverius Middle School in Bandar Lampung, namely Xaverius 2 Middle School, Xaverius 3 Middle School, and Xaverius 4 Middle School. The results of this research development show that: 1) the potential and conditions of Xaverius Bandar Lampung Middle School at the Xaverius Tanjung Karang Foundation are suitable for developing training designs to improve teachers' pedagogical competence in implementing the Xaverius School integrative curriculum, 2) the training design development process uses ADDIE with guidance and content training that has been validated by design, content, language and media experts with results that are very suitable for use, respectively getting a score of 92.31%, 86.68%, 84% and 95.92%, 3) design characteristics training includes six main characteristics, namely a) influencing change, b) designed to achieve certain goals, c) learner-centered, d) actively involving learners, e) relevant to the learner's world, and f) having measurable results, 4) According to the perception of training participants from SMP Xaverius 2, SMP Xaverius 3, and SMP Xaverius 4, this training design is interesting, with an attractiveness level of 88.57%, 5) this training design is very effective in improving teachers' pedagogical competence, covering the domains of knowledge, skills, and attitudes were 80%, 87.64%, and 89.67%. Keywords: Training design, teacher pedagogical competence, implementation of the Xavier School curriculum
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:18 |
Terakhir diubah: | 08 Sep 2025 07:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90325 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |