IMPLEMENTASI FRAMEWORK FLUTTER 3 UNTUK MENGEMBANGKAN MODUL PEMBAYARAN DAN PELACAKAN PENGIRIMAN PADA APLIKASI UNILAHUB MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING

RIFAN, SETIADI (2024) IMPLEMENTASI FRAMEWORK FLUTTER 3 UNTUK MENGEMBANGKAN MODUL PEMBAYARAN DAN PELACAKAN PENGIRIMAN PADA APLIKASI UNILAHUB MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - 2017051019 - Rifan Setiadi - Rifan Setiadi.pdf

Download (507Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full - 2017051019 - Rifan Setiadi - Rifan Setiadi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Bab Pembahasan - 2017051019 - Rifan Setiadi - Rifan Setiadi.pdf

Download (1043Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dewasa ini, kemajuan teknologi informasi mendorong kegiatan jual beli produk maupun jasa mengalami pergeseran yang signifikan dari metode konvensional ke platform digital berbasis internet. Universitas Lampung berupaya memasarkan berbagai produk penelitian ke masyarakat dan dunia industri dengan mengembangkan aplikasi e-commerce UnilaHub berbasis mobile. Namun, proses pembayaran pada aplikasi UnilaHub masih dilakukan dengan cara konvensional, sehingga memerlukan waktu lebih lama untuk memverifikasi pembayaran. Selain itu, dibutuhkan pengembangan fitur pelacakan pengiriman produk pada aplikasi UnilaHub untuk meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan fitur pembayaran yang terintegrasi dengan sistem payment gateway dan fitur pelacakan pengiriman dengan memanfaatkan web service ekspedisi di Indonesia dengan menggunakan metode pengembangan prototyping. Pengembangan fitur pembayaran dan pelacakan pengiriman dilakukan dengan metode pengembangan prototyping. Validasi kesesuaian fitur dilakukan menggunakan pengujian User Acceptance Test (UAT). Penelitian ini juga mencakup migrasi kode program aplikasi UnilaHub dari Flutter versi 2 ke Flutter versi 3 dengan memanfaatkan berbagai library untuk mendukung pengembangan aplikasi. Hasil pengujian menggunakan UAT mendapatkan nilai sebesar 82,62% dari responden berstatus dosen dan 84,66% dari responden berstatus masyarakat umum. Hasil tersebut menunjukkan bahwa fitur yang dikembangkan telah memenuhi kebutuhan dan kepuasan pengguna dengan predikat “Sangat Memuaskan”. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengembangan aplikasi yang dilakukan menggunakan metode prototyping cukup efisien dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Kata kunci: UnilaHub, e-commerce, prototyping, User Acceptance Test, Flutter. Nowadays, the buying and selling of products and services have significantly shifted from conventional methods to internet-based digital platforms. This change is driven by advancements in information technology, which allow transactions to become easier, faster, and more efficient. The University of Lampung strives to market various research products to the public and industry by developing the mobile-based e-commerce application UnilaHub. However, the payment process in the UnilaHub application is still carried out conventionally, which requires more time to verify payments made by buyers. Additionally, the development of a product delivery tracking feature is needed to enhance user convenience and trust in using the UnilaHub application. This research aims to develop an integrated payment feature with a payment gateway system and a delivery tracking feature by utilizing the web services of Indonesian couriers using the prototyping development method. The development of the payment and delivery tracking features is carried out using the prototyping development method. Feature validation is performed using User Acceptance Testing (UAT). This research also includes migrating the UnilaHub application code from Flutter version 2 to Flutter version 3 by utilizing various libraries to support application development. The UAT results show a score of 82.62% from respondents who are lecturers and 84.66% from respondents who are the general public. These results indicate that the developed features meet user needs and satisfaction with a "Very Satisfactory" rating. This finding suggests that the application development carried out using the prototyping method is quite efficient in meeting user needs. Keywords: UnilaHub, e-commerce, prototyping, user acceptance test, Flutter.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi S1 Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 08 Sep 2025 07:46
Terakhir diubah: 08 Sep 2025 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90337

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir