Ratu , Ababiel Nurcahya Mesvilia (2024) PROSES PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA EKSTRAKURIKULERSMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - Ratu Mesvilia.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Ratu Mesvilia.pdf Restricted to Hanya staf Download (2921Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN - Ratu Mesvilia.pdf Download (2042Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran tari Muli Siger dengan metode tutor sebaya pada Ekstrakurikuler SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Dalam penelitian ini menggunakan metode tutor sebaya yang di dalamnya terdapat tutor, siswa, dengan memakai model pembelajaran kooperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 16 siswa yang mengikuti kegiatan proses pembelajaran tari Muli Siger pada Ekstrakurikuler di SMA Gajah Mada Bandar Lampung, terdapat 5 orang siswa yang menjadi tutor, sedangkan 11 siswa lainnya menjadi anggota, 11 siswa tersebut dibagi menjadi dua kelompok, kelompok satu terdapat siswa yang kurang mampu dari teman lainnya, sedangkan kelompok dua terdapat siswa yang mampu dari teman lainnya. Kelebihan metode tutor sebaya ini digunakan oleh guru untuk mempermudah dalam melakukan pembelajaran ragam gerak tari Muli Siger, selain itu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kekurangan pada pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya ini guru kurang berkontribusi dalam mengikuti proses pembelajaran siswa oleh karena itu, masih terdapat siswa yang merasa sulit dalam melakukan proses pembelajaran tari Muli Siger. Sehingga beberapa siswa memerlukan waktu yang relative dalam proses pembelajaran tari Muli Siger menggunakan metode tutor sebaya. .Kata kunci: proses pembelajaran, metode tutor sebaya, tari muli siger. This research aims to describe the process of learning the Muli Siger dance using the peer tutoring method at Gajah Mada High School Bandar Lampung Extracurricular. This research uses the peer tutoring method in which there are tutors and students, using a cooperative learning model. The method used in this research is a qualitative method by collecting data from observations, interviews and documentation. data analysis techniques, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research show that there were 16 students who took part in the extracurricular Muli Siger dance learning process activities at Gajah Mada High School Bandar Lampung, there were 5 students who were tutors, while 11 other students were members, the 11 students were divided into two groups, group one there are students who are less capable than other friends, while in group two there are students who are capable from other friends. The advantage of this peer tutoring method is that teachers use it to make it easier to learn various Muli Siger dance movements, besides that it can increase students' learning motivation. The disadvantage of learning using the peer tutoring method is that the teacher does not contribute enough in following the students' learning process, therefore, there are still students who find it difficult to carry out the Muli Siger dance learning process. So some students need relatively time in the process of learning the Muli Siger dance using the peer tutoring method. Keywords: learning process, tutoring method, Muli Siger dance.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 02:03 |
Terakhir diubah: | 09 Sep 2025 02:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90357 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |