PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI RISIKO DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP PENGGUNAAN PLATFORM PEER TO PEER (P2P) LENDING OLEH GEN Z

KALISTA MANNA, SUITRA (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI RISIKO DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP PENGGUNAAN PLATFORM PEER TO PEER (P2P) LENDING OLEH GEN Z. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_KALISTA MANNA SUITRA - Syecha Maulana abadillah.pdf

Download (258Kb) | Preview
[img] File PDF
Kalista_Tanpa Lampiran - Syecha Maulana abadillah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Kalista_Tanpa Pembahasan - Syecha Maulana abadillah.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan fear of missing out (FoMO) terhadap penggunaan platform peer to peer lending oleh gen z di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dimana data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner melalui sosial media dalam bentuk gform. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden gen z yang ada di Bandar Lampung. Data yang dalam penelitian dianalisis menggunakan perangkat lunak statistik SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan, persepsi kemudahan dan FoMO ketiganya memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap penggunaan platform peer to peer lending oleh gen z di Bandar Lampung. Sedangkan persepsi risiko memiliki pengaruh yang signifikan dengan arah hubungan yang negatif terhadap penggunaan platform peer to peer lending oleh gen z di Bandar Lampung. Kata Kunci : Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, FoMO, Peer to Peer Lending. This research aims to examine the influence of financial literacy, perceived ease of use, perceived risk, and fear of missing out (FoMO) on the use of peer-to-peer lending platforms by Generation Z in Bandar Lampung. The research employs a quantitative approach, with data collected through questionnaires distributed via social media in the form of Google Forms. The sample consists of 100 generation Z respondents from Bandar Lampung. The collected data was analyzed using SPSS statistical software. The results of this study indicate that financial literacy, perceived ease of use, and FoMO all have significant and positive influences on the use of peer-to-peer lending platforms by Generation Z in Bandar Lampung. On the other hand, perceived risk has a significant influence with a negative relationship on the use of peer-to-peer lending platforms by Generation Z in Bandar Lampung. Keywords : Financial Literacy, Perceived Ease of Use, Perceived Risk, FoMO, Peer to Peer Lending.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 09 Sep 2025 05:48
Terakhir diubah: 09 Sep 2025 05:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90398

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir