PENGARUH PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS DAN KEPEMIMPINAN ETIS TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI UNIVERSITAS LAMPUNG

Robin , Hernandes (2024) PENGARUH PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS DAN KEPEMIMPINAN ETIS TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Robin Hernandes.pdf

Download (527Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Robin Hernandes.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1706Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Robin Hernandes.pdf

Download (1653Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keberhasilan suatu Universitas tidak selalu diukur oleh seberapa besar uang yang dimiliki melainkan ada hal lain yang lebih penting yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di dalamnya, tak terkecuali tenaga kependidikan. Semakin baik kualitas tenaga kependidikan suatu universitas maka semakin tinggi daya saing universitas tersebut terhadap universitas lainnya. Penelitian ini menganalisis pengaruh pemberdayaan psikologis dan kepemipinan etis terhadap kinerja tenaga kependidikan di Universitas Lampung. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari hasil jawaban responden yang dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner serta data sekunder. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 120 responden, menggunakan metode nonprobability sampling dengan menggunakan kategori teknik purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis dengan menggunakan regresi linier berganda, dan uji hipotesis yaitu uji t, uji F serta uji koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa Pemberdayaan Psikologis dan kepemimpinan etis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan di Universitas Lampung. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan Universitas Lampung mampu memfasilitasi tanaga kependidikan dengan training atau edukasi serta meningkatkan evaluasi guna menunjang kinerja tenaga kependidikan yang ada di Universitas Lampung. Kata Kunci: Pemberdayaan Psikologis, Kepemimpinan Etis, Kinerja The success of a university is not always measured by how much money it has, but there is something more important, namely the Human Resources (HR) within it, including educational staff. The better the quality of a university's educational staff, the higher the university's competitiveness against other universities. This research analyzes the influence of psychological empowerment and ethical leadership on the performance of educational staff at the University of Lampung. The data used in this research is primary data obtained from respondents' answers collected by distributing questionnaires and secondary data. The sample in this research was 120 respondents, using a nonprobability sampling method using the purposive sampling technique category. The analytical methods used in this research are validity testing, reliability testing, analysis using multiple linear regression, and hypothesis testing, namely the t test, F test and coefficient of determination test. The results obtained in this research indicate that Psychological Empowerment and ethical leadership have a positive and significant effect on the performance of educational staff at the University of Lampung. Based on the results of this research, it is hoped that the University of Lampung will be able to facilitate education staff with training or education and improve evaluations to support the performance of the education staff at the University of Lampung. Keyword: Psychological Empowerment, Ethical Leadership, Performance

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:28
Terakhir diubah: 10 Sep 2025 03:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90459

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir