PENGARUH MODEL PBL BERBANTU APLIKASI ANDROID CLIMATECLASS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

YUDIANTO, - (2024) PENGARUH MODEL PBL BERBANTU APLIKASI ANDROID CLIMATECLASS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_Yudianto (2013024021) - Yudianto.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_Yudianto (2013024021) - Yudianto.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2593Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_Yudianto (2013024021) - Yudianto.pdf

Download (2071Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL berbantu aplikasi Android ClimateClass terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi perubahan iklim kelas X SMA Negeri 1 Padang Cermin. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, terdiri dari 35 peserta didik kelas X2 (kontrol) dan 36 kelas X3 (eksperimen). Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dari tes (untuk mengukur literasi sains) dan data kualitatif dari angket tanggapan peserta didik terhadap model PBL berbantu aplikasi Android ClimateClass. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-gain kelas eksperimen mencapai 0,55 (kategori sedang) dan kelas kontrol mencapai 0,24 (kategori rendah). Data kuantitatif berupa rerata nilai pretest, posttest, dan N- gain literasi sains diuji dengan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 5% didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, menunjukkan pengaruh signifikan model PBL berbantu aplikasi Android ClimateClass terhadap literasi sains pada materi perubahan iklim. Pada kelas eksperimen dan kontrol, indikator literasi sains yang paling meningkat adalah menggunakan bukti ilmiah dan menjelaskan fenomena ilmiah dengan selisih 0,32, diikuti oleh mengidentifikasi isu ilmiah dengan selisih 0,31. Data kualitatif dari angket tanggapan peserta didik menunjukkan respon positif dengan rata-rata nilai 89,21% (kategori sangat baik). Dengan demikian, penerapan model PBL berbantu aplikasi Android ClimateClass berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi perubahan iklim. Kata kunci: Aplikasi Android, Angket Tanggapan, Kemampuan Literasi Sains, Perubahan Iklim, Problem Based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:58
Terakhir diubah: 10 Sep 2025 06:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90467

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir