Eliza , Novita Wulandari (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SURGA YANG HILANG KARYA KAK NANA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
1. ABSTRAK - 056_Eliza Novita Wulandari.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - 056_Eliza Novita Wulandari.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN - 056_Eliza Novita Wulandari.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Surga yang Hilang karya Kak Nana dan implikasi nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Surga yang Hilang karya Kak Nana terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai- nilai pendidikan karakter pada novel Surga yang Hilang karya Kak Nana dan mendeskripsikan implikasi nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Surga yang Hilang karya Kak Nana pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Surga yang Hilang karya Kak Nana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membaca novel, memberi tanda pada setiap dialog, mengategorikan setiap dialog, mendeskripsikan hasil analisis, membuat kesimpulan, dan mengimplikasikannya pada pembelajaran di SMA. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Surga yang Hilang karya Kak Nana terdapat tujuh belas nilai pendidikan karakter, yaitu 20 religius, 3 jujur, 2 toleransi, 6 disiplin, 2 kerja keras, 2 nilai kreatif, 2 mandiri, 1 demokrasi, 2 rasa ingin tahu, 1 nasionalisme, 2 menghargai prestasi, 5 bersahabat komunikatif, 2 cinta damai, 1 gemar membaca, 1 peduli lingkungan, 5 peduli sosial, 5 dan 3 tanggung jawab. Hasil penelitian diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan Kurikulum Merdeka kelas XI SMA dalam bentuk modul ajar peserta didik mampu mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi, akurasi dan kualitas data, serta membandingkan isi teks. Kata Kunci: pendidikan karakter, novel
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 03:26 |
Terakhir diubah: | 12 Sep 2025 03:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90473 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |