0613053002, Aditiya Tri Darmawan (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS Va SD NEGERI 06 METRO BARAT SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2009/2010. UNSPECIFIED.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gamabr.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
penyataan.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidp.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab i.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab ii.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab iii.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
File PDF
bab iv.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2210Kb) |
||
|
File PDF
bab v.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (85Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi di kelas Va SD Negeri 06 Metro Barat Semeter I tahun pelajaran 2009/2010, diketahui dari 33 siswa diperoleh data sebanyak 18 siswa (54,5%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah adalah 60. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas Va SD Negeri 06 Metro Barat dengan menggunakan model inkuiri, (2) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas Va SD Negeri 06 Metro Barat dengan menggunakan model inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan proses kajian berdaur yang terdiri dari empat tahap. Prosedur penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang langkah-langkahnya diadaptasi dari rancangan penelitian tindakan kelas oleh Arikunto (2006:16), yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Pada siklus I sebesar 54,3 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 56,7 dan pada akhir siklus III menjadi 64,04. (2) Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 52,2 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 63,7 dan pada akhir siklus III menjadi 72,8. Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri, aktivitas dan hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:06 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 04:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9052 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |