0613053011 , Aslina (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IVB SD NEGERI 1 METRO PUSAT. UNSPECIFIED.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (478Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (329Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (519Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (305Kb) | Preview |
|
|
File PDF
moto.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (473Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab i.pdf Download (1845Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab ii.pdf Download (2632Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab iii.pdf Download (3421Kb) | Preview |
|
File PDF
bab iv.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (11Mb) |
||
|
File PDF
bab v.pdf Download (521Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (713Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri 1 Metro Pusat, khususnya kelas IVB kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran dikarenakan guru dalam menyampaikan pembelajaran masih menitikberatkan pada metode ceramah. Hal tersebut terlihat pada hasil belajar siswa sebanyak 64% (25 orang) dari 39 orang siswa belum mencapai KKM (65). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus yang diteliti adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Data tentang aktivitas diperoleh dari aktivitas siswa dan kinerja guru selama proses belajar mengajar. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes pada tiap pertemuan. Indikator keberhasilan dapat diperoleh apabila keaktifan siswa memperoleh skor rata-rata minimal 3,4 atau termasuk dalam kategori aktif dan keberhasilan kelas diperoleh dari jumlah siswa yang mampu mencapai KKM (65), sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa yang ada di kelas tersebut Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 2,47. Siklus II 3,10 dan pada siklus III diperoleh skor 3,95. Kinerja guru mengajar pada siklus I diperoleh nilai 2,79 dan pada siklus II 3,29 sedangkan pada siklus III 4,08. Hasil belajar meningkat dengan ketuntasan klasikal pada siklsus I 50,25% dan pada siklus II 65,78% sedangkan pada siklus III 85,07%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IVB SD Negeri 1 Metro Pusat. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, keterampilan proses.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:06 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 04:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9053 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |