PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IVB SD NEGERI 1 METRO PUSAT

0613053011 , Aslina (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IVB SD NEGERI 1 METRO PUSAT. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (478Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (329Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar lampiran.pdf

Download (519Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (305Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
moto.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (473Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab i.pdf

Download (1845Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab ii.pdf

Download (2632Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab iii.pdf

Download (3421Kb) | Preview
[img] File PDF
bab iv.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (11Mb)
[img]
Preview
File PDF
bab v.pdf

Download (521Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (713Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri 1 Metro Pusat, khususnya kelas IVB kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran dikarenakan guru dalam menyampaikan pembelajaran masih menitikberatkan pada metode ceramah. Hal tersebut terlihat pada hasil belajar siswa sebanyak 64% (25 orang) dari 39 orang siswa belum mencapai KKM (65). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus yang diteliti adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Data tentang aktivitas diperoleh dari aktivitas siswa dan kinerja guru selama proses belajar mengajar. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes pada tiap pertemuan. Indikator keberhasilan dapat diperoleh apabila keaktifan siswa memperoleh skor rata-rata minimal 3,4 atau termasuk dalam kategori aktif dan keberhasilan kelas diperoleh dari jumlah siswa yang mampu mencapai KKM (65), sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa yang ada di kelas tersebut Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 2,47. Siklus II 3,10 dan pada siklus III diperoleh skor 3,95. Kinerja guru mengajar pada siklus I diperoleh nilai 2,79 dan pada siklus II 3,29 sedangkan pada siklus III 4,08. Hasil belajar meningkat dengan ketuntasan klasikal pada siklsus I 50,25% dan pada siklus II 65,78% sedangkan pada siklus III 85,07%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IVB SD Negeri 1 Metro Pusat. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, keterampilan proses.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:06
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 04:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9053

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir