RACHMAT, HIDAYAT (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN DISKUSI BERTEMA DIVERSITAS PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2282Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2092Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran PPKn menjadi persoalan yang memerlukan perhatian serius di SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Situasi ini mendorong perlunya inovasi dalam pendekatan pembelajaran yang mampu melibatkan peserta didik secara aktif sekaligus menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Model pembelajaran diskusi bertema diversitas pada mata pelajaran PPKn dipilih sebagai alternatif yang dirancang untuk menjawab tantangan tersebut melalui pembelajaran yang kontekstual dan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui penerapan pembelajaran diskusi bertema diversitas pada mata pelajaran ppkn terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain quasi eksperimen one group pretest-posttest. Model pembelajaran diskusi diterapkan pada kelas eksperimen, Data dikumpulkan melalui tes berpikir kritis sebelum dan sesudah perlakuan, lalu dianalisis menggunakan berbagai uji statistik, termasuk uji efektivitas dan uji kontribusi model terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran diskusi efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik secara signifikan. Model ini berkontribusi sebesar 93,1% terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis, menunjukkan bahwa hampir separuh capaian peserta didik dipengaruhi langsung oleh pendekatan pembelajaran yang inovatif melalui diskusi yang intens antar peserta didik. Dengan demikian, Diskusi tidak hanya relevan tetapi juga strategis untuk diterapkan dalam pembelajaran PPKn guna membentuk generasi yang kritis, reflektif, dan menghargai keberagaman. Kata kunci: Pembelajaran Diskusi, Diversitas, Berpikir Kritis, PPKn, SMA Negeri 5 Bandar Lampung
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
Pengguna Deposit: | 2507919609 Digilib |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:36 |
Terakhir diubah: | 25 Sep 2025 03:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90581 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |