Usman, Usman (2025) PERAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH, FAKTOR PENDUKUNG DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI KINERJA GURU DI SD NEGERI 1 SINAR SEMENDO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Tesis Lengkap Tampa Lampiran.pdf Restricted to Hanya staf Download (1801Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Tesis Lengkap Tanpa Bab IV_tanpa Lampiran.pdf Download (1291Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran kepemimpinan situasional kepala sekolah, faktor pendukung dan dampaknya terhadap prestasi kinerja guru di SD Negeri 1 Sinar Semendo. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Keabsahan data diuji dengan teknik kredibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah terdiri atas dimensi-dimensi kepemimpinan situasional yaitu : (1)Telling : kepala sekolah menggerakkan ketika bawahan memiliki tingkat kematangan rendah dan memerlukan arah yang jelas serta pengawasan yang ketat : terhadap prestasi kinerja guru (2) Seling : kepala sekolah memberikan Melibatkan arahan sekaligus dorongan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman tugas bagi bawahan yang masih dalam tahap perkembangan : terhadap prestasi kinerja guru (3) Participating : kepala sekolah mengarahkan diterapkan ketika bawahan memiliki pengetahuan tetapi memerlukan dorongan untuk meningkatkan inisiatif dan kepercayaan diri : terhadap prestasi kinerja guru (4) Delegating : kepala sekolah cocok untuk bawahan yang sudah memiliki kompetensi dan motivasi tinggi sehingga pemimpin memberikan otonomi penuh dalam pengambilan keputusan : terhadap prestasi kinerja guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan situasional yang diterapkan secara efektif berkontribusi signifikan terhadap peningkatan prestasi kerja guru dan pencapaian tujuan pendidikan di sekolah dasar. Rekomendasi diberikan untuk pengembangan lebih lanjut dalam penerapan kepemimpinan situasional di sekolah-sekolah di Indonesia. Kata kunci: kepemimpinan situasional, kepala sekolah, kinerja guru, sekolah dasar This study aims to analyze and describe the principal's situational leadership role, supporting factors, and its impact on teacher performance at Sinar Semendo 1 Elementary School. The approach used was qualitative with a case study design. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation studies. Data analysis was carried out through the stages of data reduction, data presentation, conclusion drawing, and verification. Data validity was tested using credibility techniques. The results of the study indicate that the principal's leadership role consists of the dimensions of situational leadership, namely: (1) Telling - the principal motivates when subordinates have a low level of maturity and require clear direction and strict supervision : on teacher performance achievement (2) Selling - the principal provides Involving direction and encouragement to increase motivation and task understanding for subordinates who are still in the development stage : on teacher performance achievement (3) Participating - the principal directs when subordinates have knowledge but require encouragement to increase initiative and self-confidence : on teacher performance achievement (4) Delegating - the principal is suitable for subordinates who already have high competence and motivation so that the leader provides full autonomy in decision making : on teacher performance achievement . This study concludes that situational leadership that is applied effectively contributes significantly to improving teacher work performance and achieving educational goals in elementary schools. Recommendations are given for further development in the application of situational leadership in schools in Indonesia. Keywords: situational leadership, principal, teacher performance, elementary school
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Administrasi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | 2507781585 Digilib |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 14:12 |
Terakhir diubah: | 29 Sep 2025 14:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90620 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |