LARAS, FAJAR MAHARANI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE EARTH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR GEOGRAFI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 AIR NANINGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1857Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1578Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Google Earth terhadap keterampilan berpikir geografi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Air Naningan. Penelitian ini didasari oleh potensi media inovatif dalam menstimulasi pemahaman dan capaian belajar. Penelitian menggunakan desain penelitian quasi-experimental dengan melibatkan dua kelompok utuh (intact group) yaitu, kelas eksperimen (XI-3) menggunakan Google Earth, dan kelas kontrol (XI-1) dengan pembelajaran konvensional. Data keterampilan berpikir geografi dikumpulkan melalui observasi menggunakan lembar observasi dengan 10 sub indikator yang tersebar dalam 5 indikator (mengajukan pertanyaan, memperoleh informasi geografi, mengatur informasi geografis, menganalisis informasi geografis, dan menjawab/bertindak berdasarkan pengetahuan geografis). Hasil belajar diukur melalui posttest. Data dianalisis secara statistik inferensial menggunakan uji Mann-Whitney U Test dikarenakan data berdistribusi tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Earth berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, Google Earth juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir geografi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Google Earth terbukti efektif dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir geografi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: google earth, keterampilan berpikir geografi, hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 2507639998 Digilib |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 07:58 |
Terakhir diubah: | 02 Oct 2025 07:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90715 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |