PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA GENERASI Z

RESKY CYNTIA , MAWARNI (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA GENERASI Z. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (3358Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3428Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3396Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya literasi keuangan di kalangan Generasi Z berpotensi menimbulkan keputusan investasi yang tidak rasional serta meningkatkan risiko terjebak pada investasi ilegal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh literasi keuangan dan pengetahuan keuangan terhadap keputusan investasi, dengan perilaku keuangan sebagai variabel mediasi. Sampel penelitian berjumlah 160 responden Generasi Z berusia 18–28 tahun yang memiliki minat atau pengalaman berinvestasi saham. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan path analysis dan uji Sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan pengetahuan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan dan keputusan investasi. Selain itu, perilaku keuangan terbukti memediasi secara signifikan hubungan keduanya terhadap keputusan investasi. Kata Kunci : Literasi Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Perilaku Keuangan, Keputusan Investasi, Generasi Z The low level of financial literacy among Generation Z has the potential to lead to irrational investment decisions and increase the risk of being involved in illegal investments. This study aims to analyze the effect of financial literacy and financial knowledge on investment decisions, with financial behavior as a mediating variable. The research sample consisted of 160 Generation Z respondents aged 18–28 years who had an interest in or experience with stock investment. The sampling technique used was purposive sampling. Data were analyzed using path analysis and the Sobel test. The results indicate that financial literacy and financial knowledge have a positive and significant effect on both financial behavior and investment decisions. Furthermore, financial behavior significantly mediates the relationship between financial literacy, financial knowledge, and investment decisions. Keywords: Financial Literacy, Financial Knowledge, Financial Behavior, Investment Decisions, Generation Z

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: 2507428692 Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2025 07:46
Terakhir diubah: 03 Oct 2025 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90765

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir