Fatma, Aulia (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. ABSTAK.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1555Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1216Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Promblem-Based Learning terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMAN 1 Negeri Katon pada materi perubahan iklim kelas X semester genap tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X di SMAN 1 Negeri Katon. Sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling dengan kelas X.1 (36 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 (37 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan bentuk desain Pretest Posttest Non-Equivalent Control Grup Design. Jenis data dalam penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa data rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain sebagai hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis kemudian dianalisis dengan uji independent sample t-test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran PBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan iklim. Data kualitatif berupa angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model model pembelajaran PBL terintegrasi STEM yang memiliki persentase 74,1% dengan kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model PBL terintegrasi STEM mendapatkan respon positif dari peserta didik. Kata kunci: Berpikir Kritis, Pendekatan STEM, Perubahan Iklim, Problem-Based Learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2507921954 Digilib |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 08:19 |
Terakhir diubah: | 03 Oct 2025 08:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90779 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |