PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

Fatma, Aulia (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTAK.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1555Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1216Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Promblem-Based Learning terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMAN 1 Negeri Katon pada materi perubahan iklim kelas X semester genap tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X di SMAN 1 Negeri Katon. Sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling dengan kelas X.1 (36 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 (37 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan bentuk desain Pretest Posttest Non-Equivalent Control Grup Design. Jenis data dalam penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa data rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain sebagai hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis kemudian dianalisis dengan uji independent sample t-test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran PBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan iklim. Data kualitatif berupa angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model model pembelajaran PBL terintegrasi STEM yang memiliki persentase 74,1% dengan kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model PBL terintegrasi STEM mendapatkan respon positif dari peserta didik. Kata kunci: Berpikir Kritis, Pendekatan STEM, Perubahan Iklim, Problem-Based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2507921954 Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2025 08:19
Terakhir diubah: 03 Oct 2025 08:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90779

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir