NOVITA, DWITA SARI (2025) KLASIFIKASI EMOSI TOKOH SAKA DAN LARA PADA NOVEL KALA KARYA SYAHID MUHAMMAD DAN STEFANI BELLA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (PSIKOLOGI SASTRA DAVID KRECH). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3519Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3349Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah bentuk klasifikasi emosi pada tokoh Saka dan Lara pada novel Kala karya Syahid Muhammad dan Stefani Bella serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan klasifikasi emosi pada tokoh Saka dan Lara dengan menggunakan kajian psikologi David Krech. Teknik analisis data yang digunakan adalah baca catat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Kala karya Syahid Muhammad dan Stefani Bella yang diterbitkan pada tahun 2017. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, dan alinea pada novel Kala karya Syahid Muhammad dan Stefani Bella yang mengandung emosi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya empat klasifikasi emosi pada novel Kala karya Syahid Muhammad dan Stefani Bella. Data yang ditemukan didominasi oleh klasifikasi emosi dasar. Emosi marah yang ditunjukkan berkaitan dengan konflik yang berpusat pada hubungan Saka dan Lara yang tergoyahkan karena prinsip dan pemikiran mereka yang tak lagi sama dengan menggunakan dua sudut pandang yang berbeda. Emosi-emosi yang ditemukan dalam novel dapat dimanfaatkan untuk materi pembelajaran sastra yang bertujuan untuk memberikan gambaran cara manusia di alam nyata dalam mengenali, mengeskspresikan, dan mengelola emosinya. Selain itu, peserta didik dapat mempelajari nilai-nilai kehidupan yang dihadirkan di dalam novel, dengan begitu secara tidak langsung membantu membentuk karakter peserta didik. Hasil penelitian diimplikasikan pada pembelajaran teks resensi kelas XI fase F. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi tambahan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran sastra Indonesia. Bentuk referensi bahan ajar akan disusun dalam Alur Tujuan Pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka. Kata Kunci : Klasifikasi emosi, novel, dan psikologi sastra
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2507174388 Digilib |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 03:52 |
Terakhir diubah: | 07 Oct 2025 03:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90836 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |