CITRA TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL MILEA: SUARA DARI DILAN KARYA PIDI BAIQ DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ADAM , FADILLAH (2025) CITRA TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL MILEA: SUARA DARI DILAN KARYA PIDI BAIQ DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3324Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3193Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah citra tokoh perempuan dalam novel Milea: Suara dari Dilan karya Pidi Baiq. Kajian difokuskan pada bentuk citra tokoh perempuan yang diklasifikasikan ke dalam aspek fisik, psikis, dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan citra tokoh perempuan dari segi fisik, psikis, dan sosial dalam novel tersebut serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini berupa novel Milea: Suara dari Dilan karya Pidi Baiq. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan novel yang mengandung aspek fisik, psikis, dan sosial tokoh perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra tokoh perempuan dalam novel Milea: Suara dari Dilan tergambar melalui tiga aspek utama. Pada aspek fisik, Milea digambarkan berpenampilan menarik dan memesona. Aspek psikis menjadi aspek yang paling dominan, karakter Milea digambarkan sebagai perempuan mandiri, cerdas, serta memiliki kedalaman emosi dan empati. Sementara itu, aspek sosial mencerminkan peran dan interaksi Milea dalam lingkungan sosial yang menunjukkan kompleksitas posisi perempuan. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI Fase F berbasis Kurikulum Merdeka ke dalam materi “Mengembangkan Apresiasi Teks Prosa” sebagai materi tambahan sekaligus contoh yang tercantum di dalam modul ajar. Kata kunci: citra tokoh perempuan, feminisme, pembelajaran bahasa indonesia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2507050271 Digilib
Date Deposited: 07 Oct 2025 04:32
Terakhir diubah: 07 Oct 2025 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90844

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir