PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA I SMA Wijaya Bandar Lampung TP 2009-2010)

0443023009, SARINAH (2010) PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA I SMA Wijaya Bandar Lampung TP 2009-2010). UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK news.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_2.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI Newwww.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di SMA Wijaya Bandar Lampung, nilai rata-rata pe- nguasaan konsep kimia siswa kelas XI IPA1 pada materi pokok laju reaksi tahun pelajaran 2008-2009 sebesar 55,55. Siswa yang mendapat nilai ≥ 65 hanya mencapai 35%, sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)yang ditetapkan di SMA tersebut 100% siswa memperoleh nilai ≥ 65. Aktivitas siswa yang dominan adalah mendengar, mencatat, dan latihan soal, akibatnya penguasaan konsep siswa rendah. Selain itu, siswa jarang melakukan praktikum, sehingga guru kurang melatihkan keterampilan proses sains (KPS)siswa dalam proses penemuan konsep. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melatihkan KPS melalui pembelajaran penemuan terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan (1)persentase rata-rata penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II; (2)persentase ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II; dan (3)persentase rata-rata KPS siswa dari siklus I ke siklus II. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, Sarinah subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA I SMA Wijaya Bandar Lampung tahun pelajaran 2009-2010 yang berjumlah 19 orang, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data penelitian terdiri dari data kuantitatif berupa data penguasaan konsep dan data KPS. Data penguasaan konsep diungkap melalui tes formatif dan data KPS diungkap melalui lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II (1) persentase rata-rata penguasaan konsep siswa sebesar 7,49%, yaitu dari 71,05 menjadi 76,37; (2)persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 26,29%; (3)persentase rata-rata KPS siswa pada masing-masing keterampilan yang sesuai indikator KPS, yaitu observasi sebesar 29,53 %, pengukuran sebesar 26,53 %, pengkomunikasian sebesar 9,38 %, dan menarik kesimpulan sebesar 12,12 %. Kata kunci : pembelajaran penemuan terbimbing, penguasaan konsep, KPS

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: UPT . TIK6
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:11
Last Modified: 09 Sep 2015 08:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9087

Actions (login required)

View Item View Item