PENGARUH MEDIA KARTU TRUTH OR DARE TERHADAP KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI SDN 5 METRO TIMUR

Carolina, Kartika Damayanti (2025) PENGARUH MEDIA KARTU TRUTH OR DARE TERHADAP KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI SDN 5 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK .pdf

Download (186Kb) | Preview
[img] File PDF
2. Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1370Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1064Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian adalah rendahnya keaktifan dan pemahaman pada peserta didik kelas III di SDN 5 Metro Timur yang disebabkan oleh pasifnya peserta didik karena kurangnya keterampilan pendidik dalam menggunakan media pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media kartu Truth Or Dare terhadap keaktifan dan pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas III di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan metode menggunakan non-equivalent control group design yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Populasi penelitian berjumlah 52 orang peserta didik dengan sampel 52 orang peserta didik. Data dianalisis dengan uji regresi sederhana dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan media pembelajaran Truth Or Dare terhadap keaktifan dan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas III SD Negeri 5 Metro Timur yang ditunjukkan dengan perolehan nilai Fhitung (93,6) > Ftabel (4,26). Penelitian ini juga menunjukkan adanya perbedaan keaktifan dan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPA antara kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan dengan perolehan nilai thitung (4,825)> ttabel (2,008). Kata kunci: Pemahaman belajar, keaktifan,media pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507688227 Digilib
Date Deposited: 07 Oct 2025 08:31
Terakhir diubah: 07 Oct 2025 08:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90880

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir